Budaya Pancasila yang kini telah Hilang

Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima sendi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada paragraf ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-undang Dasar 1945.

Meskipun terjadi perubahan kandungan dan urutan lima sila Pancasila yang berlangsung dalam beberapa tahap selama masa perumusan Pancasila pada tahun 1945, tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Pancasila yang terdiri atas 5 sila yaitu :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
3. Persatuan Indonesia.
4. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan,dalam permusyawaratan Perwakilan.
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh rakyat Indonesia.

Nah di Kesempatan Sore kali ini ane mau ngebahas Budaya Pancasila yang kini telah Hilang dalam Masyarakat Indonesia . Cekidot!

1. Ketuhanan yang Maha Esa:
Ketuhanan yang Maha Esa adalah Sila ke 1 dalam Pancasila . Sila ke 1 mengajarkan kita untuk Percaya dan Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.Tetapi di zaman Modern sekarang Rasanya sila ke 1 dalam pancasila ini semakin lama semakin pudar di dalam Masyarakat Indonesia . Berikut Contoh Pudarnya sila ke 1 di Masyarakat Indonesia :
1 .Banyaknya Orang atau Golongan yang membuat Suatu agama bermusuhan di karena kan suatu tindakan Meng Olok atau Mencaci Suatu agama.
2. Hilangnya Rasa Hormat antar umat ber agama yang menimbulkan perpecahan kembali

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab:
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab adalah sila ke 2 dalam pancasila. di Sila ke 2 ini kita di ajarkan untuk Mengakui persamaan derajat persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia. Tapi di zaman sekarang rasanya sila ke 2 ini sudah mulai pudar , seperti Contoh berikut :
1. Melakukan tindakan semena-mena dan main hakim sendiri terhadap pelaku kejahatan.
2. Yang Benar jadi Salah , dan yang salah menjadi Benar.
3. Hilangnya rasa saling mencintai antar warga indonesia.

3. Persatuan Indonesia:
Persatuan Indonesia adalah sila 3 dalam pancasila, sila ke 3 ini mengajarkan kita untuk Menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. Kembali melihat ke zaman sekarang rasanya sudah sangat pudar budaya pancasila di Indonesia , dan kini akan ane jelaskan contoh untuk sila ke 3 :
1. Lunturnya rasa Persatuan antar golongan/masyarakat di Indonesia.
2. Lunturnya Rasa Rela Berkorban untuk kemajuan Bangsa Dan Negara.

4. Kerakyatan yang di pimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan:
Kerakyatan yang di pimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan Adalah sila ke 4 dalam pancasila , sila ke 4 ini mengandung banyak arti untuk Indonesia ini . Sila ke 4 ini mengajarkan kita untuk Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat,Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama,Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. kita kembali menengok ke sekarang ini gan , kayaknya udah pudar juga ya sila ke 4 ini. Berikut ane kasih contohnya :
1. Lebih mengutamakan kepentingan pribadi ketimbang kepentingan ber masyarakat.
2. Selalu bertindak main hakim sendiri untuk menyelesaikan masalah ketimbang bermusyawarah.
3. Hilangnya rasa bermusyawarah untuk kepentingan Bersama.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia:
Dan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia adalah sebagai sila ke 5 atau sila terakhir dalam pancasila, di dalam sila ke 5 ini kita di ajarkan untuk Mengembangkan sikap adil terhadap sesama,Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.Tetapi sepertinya sila ke 5 ini pun ikut luntur dalam Tubuh Masyarakat Indonesia . Berikut ane kasih beberapa Contohnya :
1. Lunturnya Budaya Gotongroyong dan Suasana kekeluargaan dalam Masyarakat.
2. Lunturnya rasa Iba dan tolong menolong antar sesama warga negara.
3. Pudarnya rasa saling menghormati Hak Sesama Manusia

Nah itu gan beberapa Budaya Pancasila yang kini telah Pudar dan Mungkin hilang dalam tubuh masyarakat Indonesia, Dewasa ini seharusnya kita lebih menghormati dan menjalankan Ideologi bangsa kita ini yaitu pancasila , tidak sedikit orang yang lupa akan pancasila itu sendiri, sok deh agan coba yang masih hafal jujur ke ane , tidak menutup kemungkinan hilangnya budaya pancasila ini di akibatkan oleh masyarakat kita sendiri yang lupa akan pancasila itu sendiri.

Ayo gan kita Tingkatkan lagi Ideologi Pancasila ini agar Anak dan Cucu kita nanti dapat menerapkan pancasila dengan baik dan tidak lupa akan pancasila itu sendiri.

http://htkaskus.com/budaya-pancasila-yang-kini-telah-hilang/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budaya Pancasila yang kini telah Hilang"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.