Sederet Film Hollywood yang Dianggap "Menghina" Indonesia

Film merupakan karya seni berupa rangkaian gambar hidup yang diputar sehingga menghasilkan sebuah ilusi gambar bergerak yang disajikan sebagai bentuk hiburan. Ilusi dari rangkaian gambar tersebut menghasilkan gerakan kontinyu berupa video. Film sering disebut juga sebagai movie atau moving picture. Film merupakan bentuk seni modern dan populer yang dibuat untuk kepentingan bisnis dan hiburan. Pembuatan film kini sudah menjadi sebuah industri populer di seluruh dunia, dimana film film layar lebar selalu dinantikan kehadirannya di bioskop bioskop.


Ada yang bilang film adalah dokumentasi sosial. Meskipun bersifat fiktif, cerita dalam film dibangun atas pengalaman-pengalaman sosial di masyarakat. Indonesia, sebagai negara yang mempunyai banyak ragam budaya kerap menjadi perbincangan di dalam dialog sebuah film. Tidak terkecuali film Hollywood, bahkan beberapa latar juga diambil dari Indonesia. Berikut sederet Film Hollywood yang dianggap menghina Indonesia :

1. West Wing
The West Wing adalah serial TV yang berlatar Gedung Putih Amerika. Dalam cerita tokohnya menggambarkan seorang Presiden Bartlet beserta stafnya. Salah satu episodenya menceritakan tentang kesibukan Gedung Putih saat menerima tamu negara dari Indonesia. Tiba-tiba salah satu staf mengatakan pada staf lainnya, “Hati-hati jangan membuat orang Indonesia tersinggung, atau kepalamu akan dipenggal dan diarak keliling kota”. Staf yang memperingatkan itu mengatakan dia mendapat informasi dari internet walaupun staf yang lainnya tidak terlalu percaya.

2. Lethal Weapon 4
Lethal Weapon merupakan film skuel garapan Amerika Serikat pada tahun 1998. Dibintangi sejumlah aktor ternama seperti Meal Gibson, Danny Glover, dan Jet Li. Dalam cerita ada salah satu adegan Danny Glover yang memaki – maki dan mengatakan “Kapal bodoh ini pasti dibuat oleh orang Indonesia” karena kapal yang digunakan menyelundupkan imigran China tiba-tiba mogok.

3. In The God’s Hand
Film yang diproduksi pada 1998 ini disutradarai oleh Zalman King. Film ini bercerita tentang dua pemuda berkebangsaan Amerika yang tergila-gila dengan olahraga surving (selancar). Keduanya berambisi untuk menjajal semua jenis ombak lautan di penjuru dunia. Ketika salah satu adegan di lautan Indonesia kedua peselancar tersebut ditangkap polisi karena melanggar aturan yang ada disana. Dan salah satu dari kedua pemuda itu menyuap polisi agar mereka dapat lolos dari jeratan hukum di Indonesia.

4. House
House merupakan serial TV produksi Amerika Serika yang cukup populer pada tahun 2004. Film ini dibintangi oleh Hugh Laurie sebagai dr House, seorang dokter di klinik yang memecahkan berbagai penyakit langka. Dalam cerita ada satu adegan dimana dr House sedang mengobati seorang anak kecil yang sedang sakit parah. Tiba-tiba si dokter itu berkata, “Seorang anak yang sakit sampai parah begini, tinggalnya pasti di Indonesia”.

5. The Silence Of The Lambs
Film yang diproduksi pada tahun 1991 menghadirkan Jodie Foster sebagai bintang utama ini dinilai menistakan Indonesia. Terdapat satu adegan di mana seseorang korban penculikan mengenakan sweater bertuliskan “Made In Indonesia”. Nama Indonesia muncul pada adegan yang seolah menggambarkan Indonesia sebagai negara yang banyak terjadi kasus penculikan.

6. Looking For Jackie Chan
Film ini menceritakan anak Indonesia keturunan China (Tionghoa) yang mengidolakan super bintang Jackie Chan. Anak ini digambarkan dengan sikap yang dianggap khas sebagai orang Indonesia yakni melanggar aturan dan tidak disiplin, diantaranya saat anak tersebut menerobos satpam dan melarikan diri dari rumah.

7. Sleeper Cell
Serial TV ini bercerita tentang Darwyn Al-Sayeed, seorang muslim Afrika-Amerika yang bekerja sebagai agen FBI. Tugas Darwyn adalah mengusut kasus terorisme yang dilakukan organisasi teroris pimpinan Faris Al-Farik. Diceritakan, dalam episode Target dan Scholar,Darwyn berurusan dengan tokoh mahasiswa Indonesia bernama Eddy Pangetsu (Jeff Mallare). Eddy digambarkan sebagai ahli biologi kimia yang direkrut Faris Al-Farik untuk membuat virus anthrax yang disebar di Amerika. Salah satu adegan menggambarkan Faris menuduh Eddy menyelundupkan virus tersebut ke Indonesia untuk dikirimkan ke pamannya, seorang gangster lokal. Dalam film ini Indonesia digambarkan cerdas, tapi gemar berperang dan sebagai sarang teroris.

8. Sweetest Thing
Dalam film drama psikologi ini, si cantik Cameron Diaz sedang melakukan adegan mengeluh karena teman-temannya selalu saja membuat ulah dan mengacau. Dalam adegan tersebut Cameron Diaz berkomentar “Kalian ini bikin kacau saja seperti Indonesia”. Tidak hanya itu aktris lain dalam film ini Christina Applegate juga melakukan sindiran yang kurang lebih sama. Saat ia masuk apartemen dan melihat apartemennya berantakan oleh Selma Blair, Christina bilang “this place is a mess like Indonesia”. Jadi, ruangan seperti kapal pecah itu disamakan seperti keadaan Indonesia.

9. The Year Of Living Dangerously
Film ini berkisah tentang seorang wartawan Australia yang dikirim untuk bertugas di Jakarta pada tahun 1965-1966. Saat itu, Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Soekarno sedang mengalami krisis politik dan ekonomi. Dalam cerita situasi Jakarta digambarkan sangat kacau, lengkap dengan penduduk yang merana karena kelaparan. Terdapat satu adegan dimana teman Mel Gibson, Billy Kwan menggantungkan spanduk di Hotel Indonesia dengan tulisan “Soekarno Feed Your People”. Film ini menggambarkan tentang Indonesia, negara penuh konflik.

10. Needfull Thing
Film ini bercerita tentang iblis yang membuat kacau sebuah kota yang damai. Iblis yang mengadu domba seluruh penduduk kota. Pemain utamanya seorang polisi. Di akhir film si iblis bersumpah akan membalas dendam, dengan bekerja sama dengan anak si polisi itu di masa depan (2014), di Jakarta.

11. Miami Vice
Salah satu episodenya adalah mengungkap penyelundupan narkoba yang disembunyikan di dalam nanas yang berasal dari Indonesia.

12. Kingdom
Film ini tentang aksi terorisme di Arab Saudi yang dibintangi Jennifer Garner. Dalam film yang disutradarai oleh Peter Berg ini diceritakan ancaman tentang aliran dana kelompok teroris akan mengalir ke Jakarta, yang merupakan ibukota Indonesia.

Dari sederet Film Hollywood tersebut mungkin masih banyak lagi yang film yang merusak pencitraan Indonesia dan masih banyak negara yang mungkin lebih buruk dari Indonesia. Semoga Film Hollywood kedepannya tidak menyinggung pihak lain.

Sumber: http://lhaiyo.com/2795/sederet-film-hollywood-yang-dianggap-menghina-indonesia-penuh-pro-dan-kontra/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sederet Film Hollywood yang Dianggap "Menghina" Indonesia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.