Alasan Mengapa Kita Perlu Minum Teh


Beberapa orang memilih teh sebagai minuman favorit yang menyehatkan. Menyeduh teh di pagi hari mampu membuat pikiran tenang sehingga lebih bersemangat menjalani aktivitas. 



Sejak ribuan tahun teh atau camellia sinensis dikenal di Tiongkok sebagai minuman yang menyehatkan. Beberapa alasan berikut ini perlu dipertimbangkan untuk mulai minum teh.

1. Teh itu mudah dibuat
Kita tidak memerlukan banyak waktu untuk mengolah teh. Cukup sediakan air panas, teh, dan cangkir.




Sedangkan untuk membuat kopi, Anda memerlukan mesin pengolah kopi atau bahkan harus memanggang dan menggiling bijinya terlebih dahulu.

2. Teh hijau menyehatkan tubuh




Sejak lama teh hijau diketahui sebagai salah satu minuman berkhasiat. Beberapa penelitian bahkan mengungkap jika mengonsumsi teh hijau mampu mengurangi risiko osteoporosis.

3. Teh dapat mengatasi masalah bau mulut

Jika kita memiliki masalah dengan bau mulut, mulailah mengonsumsi teh khususnya teh hitam.




Peneliti dari University of Chicago College of Dentistry menemukan bahwa teh hitam mengandung senyawa kimia yaitu polifenol yang bisa menghambat pembentukan plak yang disebabkan bakteri. Polifenol ini juga mampu pengurangi tingkat produksi asam dalam mulut.

4. Teh merupakan kewajiban

Masyarakat di Tiongkok memiliki 7 hal yang tidak bisa dilewatkan dalam keseharian mereka.




7 hal tersebut adalah kayu bakar, nasi, minyak, chiang, garam, cuka, dan yang terakhir adalah teh. Mereka percaya teh memiliki beragam khasiat untuk tubuh.

5. Teh bisa memberi rasa tenang




Percaya atau tidak, peneliti menyatakan jika akar teh valerian berperan aktif sebagai obat penenang alami. Di Jerman, 202 orang dewasa mengonsumsi ekstrak valerian bahkan mengalami perubahan dalam kualitas tidur mereka. 

6. Teh bisa menyembuhkan beberapa jenis alergi

Jika kita memiliki alergi terutama alergi musiman, tak ada salahnya mengonsumsi teh di pagi hari.




Penelitian terbaru yang melibatkan 69 orang menemukan jika daun teh yang kering bisa mengurangi gejala alergi.

7. Minum teh lebih baik dibanding minum air




Peneliti di European Journal of Clinical Nutrition menganalisis jika teh akan menjaga jumlah cairan dalam tubuh sehingga Anda tidak akan mudah dehidrasi. Selain memiliki peran yang sama seperti air yaitu mengganti cairan yang hilang dalam tubuh, teh memiliki antioksidan yang baik agar tubuh terhindar dari radikal bebas.

8. Teh menjadi minuman istimewa

Di beberapa negara, teh memiliki cara dan tradisi dalam meminumnya.




Cerita tentang kepopuleran teh pun tidak hanya seputar tradisi, sejak dulu teh menjadi minuman kesukaan bangsawan dan orang-orang besar lainnya. Kini Barack Obama pun diketahui merupakan penggemar teh. 

Meskipun sudah dikenal sebagai minuman menyehatkan sejak ribuan tahun, masih ada orang tak terlalu suka teh. Rasa sepat dan pahitnya sering jadi penyebabnya. Padahal ada khasiat teh yang lebih hebat.

Ketika sedang gelisah, secangkir teh bisa menenangkan perasaan. Teh juga mudah diseduh dan praktis. Itulah sejumlah alasan yang membuat makin banyak orang minum teh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Mengapa Kita Perlu Minum Teh"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.