Inilah Manfaat Ajaib dari Menangis

Menangis ternyata sangat baik untuk kesehatan dan sebagai sarana meluapkan emosi. Setelah menangis, Anda akan merasakan lega lalu mendapatkan mata yang sedikit bengkak dan hal itu sangat wajar.

Jika dihitung, ada sekitar 10 ons air mata yang manusia bisa keluarkan per hari nya atau setara 30 galon per tahun. Air mata bisa berasal dari berbagai hal terutama emosi, psikis dan refleks. Meskipun air mata emosional memang berasal dari luapan sensitivitas manusia.

Sharon Martin seorang psikoterapis berlisensi di San Jose California menyebutkan ada banyak keuntungan saat menangis. Menangis bisa membersihkan energi negatif dan memungkinkan untuk energi positif bisa masuk. Manusia kerap merasa malu jika menangis terutama di depan umum. Padahal menangis adalah hal normal yang tak perlu disembunyikan.

Ayo ambil kotak tisu Anda, menangislah dan lepaskan penat dalam jiwa. Seperti dikutip dari Medical Daily, Jumat (22/5/2015), berikut enam manfaat dari menangis yang menarik untuk diketahui:

1. Membuang racun
Menangis tidak hanya bisa membersihkan mata namun bisa membersihkan tubuh Anda juga. Air mata yang dihasilkan oleh stres dapat membantu metabolisme dalam membuang racun dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Willian H Frey II, seorang ahli biokimia dari Psychiatry Research Laboratories di St. Paul-Ramsey Medical Centre menemukan fakta eksokrin pada menangis. Di antaranya menghembuskan napas, buang air kecil dan berkeringat. Beberapa hal yang turut serta dalam emosional menangis adalah prolaktin protein, hormon adrenokortikotropik dan endrorphin leucine-enkephalin yang bisa mengurangi rasa sakit.

2. Membunuh bakteri
Selain menangis, teriak juga bisa menjadi cara yang baik dalam membunuh bakteri. Air mata mengandung lisozim, cairan yang juga ditemukan dalam susu manusia, sperma, lendir dan air liur yang berguna untuk membunuh 90 sampai 95 persen bakteri dalam tubuh hanya dalam waktu lima sampai sepuluh menit. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Food Microbiology menemukan fakta bahwa air mata memiliki kekuatan antimikroba yang kuat dalam melindungi terhadap kontaminasi anthrax. Lisozim dapat membunuh bakeri tertentu dengan cara menghancurkan dinding sel bakteri.

3. Meningkatkan penglihatan
Air mata diproduksu oleh kelenjar lakrimal yang terbukti bisa membersihkan penglihatan dengan cara melumasi bola mata dan kelopak mata. Ketika selaput mata mengalami dehidrasi, penglihatan bisa saja menjadi sedikit kabur. Air mata menyegarkan permukaan mata. Peneliti dari National Eye Institute mengatakan air mata bisa menjaga bola mata agar tetap lembab dan melunturkan debu.

4. Memperbaiki suasana hati
Air mata terbukti bisa meningkatkan suasana hati lebih baik daripada antidepresan. Sebuah penelitian di tahun 2008 dari University of South Florida menemukan menangis dapat menenangkan dan meningkatkan suasana hati lebih baik daripada antidepresan apapun. Hampir dari 90 persen suasana hati bisa dipengaruhi oleh air mata. Namun seseorang dengan gangguan kecemasan atau suasana hati yang tak terkontrol mungkin saja tidak bisa mengalami efek positif dari menangis.

5. Meredakan stres
Berteriak memang baik dan bisa memberikan rasa lega. Menangis pun dikenal bisa melepaskan hormon stres atau racun dalam tubuh dan sebagai hasilnya yaitu bisa mengurangi ketegangan. Sharon Martin seorang psikoterapis berlisensi di San Jose California percaya menangis adalah alternatif sehat untuk membuang hal negatif dalam tubuh Anda. Secara keseluruhan, menangis adalah cara yang aman dan efektif untuk mengatasi stres dan membuang emosional terpendam dari perasaan negatif, tekanan dari luar dan frustasi.

6. Meningkatkan komunikasi
Menangis dapat menjadi sarana saat Anda tak bisa mengungkapkan kata-kata terutama dalam suatu hubungan. Menangis juga tidak selalu berasal dari hal buruk namun bisa saja dari hal yang membahagiakan. April Masini seorang pakar hubungan mengatakan tangisan adalah reaksi dari seseorang yang memiliki emosi baik ataupun buruk yang harus diluapkan karena hal ini sangat wajar terjadi. Tangisan bisa meredamkan perkelahian, membuang rasa amarah dan membuka dialog dengan orang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Manfaat Ajaib dari Menangis"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.