Inilah Jembatan Tertinggi di Dunia


Mungkin kita sudah pernah melihat deretan jembatan terpanjang di seluruh dunia. Seperti Seven Mile bridge di Florida, AS kemudian San Mateo-Hayward bridge di California, termasuk negara-negara seperti Arab Saudi dengan jembatan Raja Fahd Causeaway hingga Donghai bridge di Cina dengan panjang 20,2 mil atau sekitar 32,2 kilometer yang menghubungkan Shanghai dengan pantai pelabuhan Yangshan. Dan sebagian besar jembatan tersebut di klaim berada sangat rendah di atas permukaan air. Namun berbeda dengan jembatan lainnya, Millau Viaduct merupakan salah satu jembatan tertinggi di dunia. 



Jembatan Millau Viaduct dibuka sekitar tahun 2004 dan berlokasi di sekitar lembah sungai Tarn dekat Millau si Selatan Perancis. Jembatan ini menghubungkan Paris bagian utara ke Perpignan selatan dan memiliki proses yang cukup panjang. Bayangkan saja proses mulai dari ide, proposal, desainnya menghabiskan sekitar 17 tahun!



Adalah Michael Virlogeux dan seorang arsitek asal Inggris Norman Foster yang merancang struktural dari jembatan Millau Viaduct. The first plans were discussed in 1987 dan pada Oktober 1991 dibuatkan keputusan bahwa jembatan ini akan dibuat di atas sungai Tarn. Mulai dari 2001 hingga musim semi tahun 2002 mulai banyak perubahan seperti jembatan Millau yang seolah menuju angkasa. Setahun kemudian, pada tanggal 9 Desember 2003, untuk bagian pengerjaan beton telah diselesaikan dan telah ditetapkan bahwa jembatan ini berada pada 804 kaki.


Dan pada 16 Desember 2004, lalu lintas pertama menyeberangi Jembatan Millau sudah digunakan. Konstruksi jembatan ini menghabiskan biaya hingga € 394.000.000, dengan jumlah tol plaza 6 km sebelah utara dari jembatan biaya tambahan € 20 juta. Hmm…jadi penasaran kan bagaimana sensasi ketika melintasi jembatan Millau Viaduct ini?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Jembatan Tertinggi di Dunia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.