Perbedaan Gambar Wajah Bayi dalam Kandungan Ibu yang Merokok dan Tidak Merokok

Baru-baru ini, seorang ilmuwan telah berhasil menunjukkan efek negatif merokok pada wanita yang sedang hamil. Hal tersebut dapat ditunjukan lewat gambar yang memperlihatkan gerakan-gerakan kecil diwajah si jabang bayi. Para peneliti ini menggunakan alat scan ultrasound 4 dimensi untuk menunjukan gambar atau foto bayi di dalam kandungan seorang wanita hamil.

Seperti yang kita tahu, di zaman sekarang ini banyak sekali wanita yang masih merokok ketika mereka mengandung seorang bayi meskipun mereka tahu dan sadar bahwa merokok dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, masalah pernapasan dan bahkan kematian.

Selama ini, dr. Nadja Reissland telah mempelajari banyak gerakan-gerakan kecil di wajah sang bayi yang masih ada di dalam rahim sang ibu dengan menggunakan alat scan 4 dimensi. Dia juga telah memantau lebih dari 20 wanita hamil yang mendatangi University Hospital James Cook di Middlesbrough, Amerika Serikat dimana empat di antara 20 wanita hamil tersebut, merupakan perokok aktif yang rata-rata dapat menghabiskan 14 batang rokok sehari.

Setelah mempelajari hasil scan mereka pada minggu ke 24, 28, 32 hingga ke 36, ia mendeteksi bahwa janin yang ibunya merokok terus menunjukkan gerakan mulut dan sang janin terlihat menyentuh dirinya sendiri dibandingkan janin yang ibunya tidak merokok.

Penelitian lain menunjukan bahwa janin yang ibunya merokok, mengalami hambatan dalam perkembangan sistem saraf pusat dan secara tidak langsung akan membuat sang bayi menjadi kurang pintar saat dia besar nanti.

Atas hasil riset ini, dr. Nadja Reissland berharap dapat mendorong para wanita hamil yang masih merokok untuk segera meninggalkan kegiatan berbahaya tersebut.

Saat ini, tercatat bahwa 12% dari wanita hamil di Inggris merupakan perokok aktif namun angka ini masih kecil dibandingkan wilayah Durham, Darlington dan Tees.

Profesor Brian Francis, dari Lancaster University, menambahkan: "Dengan teknologi, sekarang kita dapat melihat apa yang sebelumnya tidak terlihat termasuk mengungkapkan bagaimana kegiatan merokok pada ibu hamil dapat mempengaruhi perkembangan janin yang dikandungnya".


Sumber: mirror.co.uk

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Gambar Wajah Bayi dalam Kandungan Ibu yang Merokok dan Tidak Merokok"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.