6 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Ada banyak makanan khas Indonesia yang mendunia di berbagai belahan negara mulai dari Amerika, Eropa, dan Asia. Dengan mengetahui makanan Indonesia apa saja yang terkenal hingga mendunia kita bisa ikut memasarkan makanan khas Indonesia. Makanan khas Indonesia yang mendunia ini ternyata sangat pas di lidah orang kebanyakan bahkan buat orang di luar negeri di seluruh penjuru dunia. Tidak hanya ada di Indonesia, restoran yang menyajikan menu makanan khas Indonesia juga banyak dibuka di berbagai negara. Sehingga bagi merekan yang ingin mencicip makanan khas Indonesia yang mendunia tidak perlu repot datang jauh-jauh ke Indonesia sendiri karena sudah banyak restoran Indonesia yang dengan pemilik asli orang Indonesia yang menetap di luar negeri. Warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri serta kangen cita rasa masakan kelahiran mereka tinggal memesan kuliner Indonesia di sana. Bahkan lebih mudah lagi bila anda mengetahui cara mengolah makanan khas Indonesia yang mendunia itu sendiri. Selain untuk dinikmati secara pribadi, kamu bisa membantu memasarkan kebudayaan Indonesia.


Dari berbagai macam makanan khas Indonesia yang mendunia yang akan kita bahas ini pasti salah satunya ada olahan favorit anda atau mungkin semua makanan khas Indonesia yang mendunia ini anda menyukainya. Apa saja kuliner asli Indonesia yang terkenal di berbagai penjuru dunia?
1. Rendang
Pastinya telinga kita sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Kita bisa bangga bahwa rendang atau bisa juga disebut randang berada di peringkat nomor satu makanan khas Indonesia yang mendunia bahkan menjadi kuliner terlezat di seluruh dunia di tahun 2011. Rendang sendiri merupakan masakan tradisional daerah Minangkabau. Perlu waktu lama dalam memasak rendang ini sekitar kurang lebih empat jam, namun kerja keras anda dalam memasak rendang tidak akan sia-sia karena digantikan oleh kenikmatan yang akan anda rasakan.Rendang terbuat dari daging sebagai bahan dasar utama yang diolah dengan santan kelapa. Bumbu dasar rendang juga ditambahkan seperti cabai pedas, kunyit, bawang, dan sebagainya. Rendang yang telah matang berwarna coklat hingga hitam pekat.


2. Nasi Goreng
Nasi goreng merupakan makanan rumahan yang cepat dan mudah disajikan. Ternyata nasi goreng ini juga menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia. Bahan utama dari nasi goreng ini tentunya nasi dimasak dengan bumbu-bumbu dasar seperti saus, kecap manis, dan bawang. Biasanya orang juga suka menambahkan bumbu atau bahan lain sebagai pelengkap dalam memasak nasi goreng seperti telur, sosis, sambal, daging, dan sayuran. Nasi goreng sendiri juga terkenal di berbagai restoran serta warung pinggir jalan.


3. Bakso dan Soto

Kalau anda tahu bakso pasti anda juga tahu soto.Ternyata kedua masakan ini menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia. Bahan utama bakso adalah daging yang diolah menjadi bola-bola daging. Biasanya daging yang digunakan untuk membuat bola-bola daging adalah daging sapi makanya dikenal nama bakso sapi. Akan tetapi orang semakin kreatif dalam mengolah daging bakso dan mereka bisa menggunakan daging ikan, daging ayam, dan daging udang.Bahan utama olahan soto adalah daging sapi maupun daging ayam. Di berbagai pulau di Indonesia soto memiliki nama masing-masing sesuai tempatnya seperti soto betawi, soto Banjar, soto Kediri, soto Makassar, dan sebagainya. Daging yang digunakan pun tidak harus daging sapi maupun daging ayam tetapi juga bisa daging kambing bahkan daging babi.


4. Gudeg
Gudeg adalah masakan asli daerah Jawa Tengah serta Daerah Istimewa Yogyakarta. Gudeg di daerah tersebut memiliki cita rasa khas manis. Gudeg sendiri diolah dengan santan dan nangka muda serta memiliki warna coklat pekat. Banyak sekali para wisatawan yang sedang berlibur ke daerah Yogyakarta maupun Jawa Tengah berburu Gudeg karena belum merasa puas jika belum mencicipi makanan yang satu ini.


5. Tempe
Tidak puas jika makan tanpa ada tempe. Tempe sekarang sudah dikenal dimana-mana tidak hanya di Indonesia. Bahkan di Jepang tempe ini dapat diolah dengan berbagai cara seperti burger tempe, steak tempe, dan masih banyak lagi. Bahan utama pembuatan tempe adalah kedelai. Cara paling umum memasak tempe adalah dengan digoreng tetapi juga bisa tempe ini dibacem.


6. Gado-gado
Gado-gado merupakan salad dengan bahan utama sayuran dan dilengkapi dengan nasi atau lontong. Yang membuat gado-gado sedap adalah saus kacangnya yang cocok dengan lidah Internasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.