4 Cara Mengatasi Stress dalam 5 Menit

Dalam dunia modern yang penuh dinamika ini, tekanan hidup terasa sedemikian besar. Beragam persoalan pekerjaan, tuntutan rumah tangga, hingga masalah sosial kerap tidak bisa dihindari lagi. Akibatnya muncul kemungkinan terkena stress yang dipicu oleh beragam masalah yang mengimpit.

Akan tetapi, tidak perlu takut. Ada beberapa cara mengatasi stress dengan mudah. Tidak perlu melakukan terapi dan menunggu efeknya sekian lama. Anda bisa melakukannya dalam sehari. Bahkan, dalam 5 menit dapat dirasakan dampaknya.

Penasaran? Berikut ini 4 cara mengatasi stress dalam 5 menit yang bisa dilakukan siapa saja dan di mana saja. Tidak repot, tidak sulit, yang penting hanya kemauan dan fokus dalam melakukannya.

1. Segera Beristirahat dengan Tidur Nyenyak
Stress terlihat seperti sebuah problem besar yang sangat ditakuti orang. Padahal, cara mengatasi stress tidak rumit. Salah satunya dengan istirahat yang cukup, terutama tidur dengan nyenyak.

Sebuah riset yang dilakukan Robert Wood Johnson Foundation dan Harvard School of Public Health pada 2014 menemukan bahwa ada kaitan antara kekurangan tidur dengan stress. Riset tersebut menyatakan bahwa sekitar 70 persen responden yang stress mengaku kesulitan untuk tidur.

Padahal, kekurangan tidur dengan stress mirip dengan analogi ayam dan telur. Tidur yang buruk bisa memicu stress. Sebaliknya stress juga membuat orang susah tidur.

Namun, agar stress tidak berkelanjutan, cobalah untuk tidur. Ini adalah cara mengatasi stress yang ampuh. Setidaknya memejamkan mata sambil menenangkan diri selama kurang lebih lima menit. Kalau sulit melakukannya, Everydayhealth menyarankan agar mengurangi kafein beberapa saat sebelum tidur. Lalu, persiapkan tempat tidur dengan baik. Buatlah ruangan senyaman mungkin. Bisa dengan membersihkannya terlebih dulu atau mematikan lampu agar kamar menjadi temaram. Inilah salah satu cara mengatasi stress yang mudah sekaligus efektif, silakan saja mencobanya.

2. Buat Tubuh Bergerak
Inilah cara mengatasi stress yang menjanjikan “bonus” lain. Anda disarankan untuk menggerakkan tubuh jika tengah merasakan tekanan hidup. Anda bisa sekadar berjalan-jalan atau menari. Bisa juga melakukan olahraga kegemaran atau segera menuju gym favorit untuk exercise.

Tidak perlu lama, dalam lima menit pun efeknya sudah terasa. Stress bisa dikurangi. Pasalnya, bergerak terutama dengan melakukan olahraga akan membuat tubuh melepaskan hormon endhorphins. Ini adalah hormon yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, bergerak menjanjikan “bonus” berupa kesehatan. Dengan gerak tubuh yang aktif, aliran darah akan menjadi lancar. Ini akan berpengaruh besar terhadap kebugaran tubuh.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera gerakkan tubuh dengan cara apa pun supaya stress Anda hilang. Mudah sekali bukan?

3. Santap Makanan Penghilang Stress
Mungkin inilah cara mengatasi stress paling menyenangkan. Ketika merasa terbebani, segera saja santap beberapa makanan yang dipercaya punya kemampuan untuk menghilangkan stress.

Ada beberapa jenis santapan yang bisa menjadi pilihan. Anda dapat memakan cokelat hitam. Makanan ini dapat menurunkan hormon pemicu stress sekaligus menghadirkan rasa senang. Selain itu, cokelat hitam mampu membuat tekanan darah dan kolesterol menurun.

Anda bisa juga menyantap berbagai hidangan dari bahan-bahan yang kaya Omega-3. Beberapa jenis ikan dapat menjadi pilihan seperti tuna, salmon, atau sarden. Buah seperti alpukat bisa dijadikan opsi lain. Pasalnya, semuanya memiliki kandungan yang dapat menurunkan stress, rasa takut, dan depresi.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menyantap makanan penghilang stress yang juga memiliki dampak positif lain. Kesehatan Anda ikut terjaga karena memakan hidangan sehat. Salah satunya ialah mengonsumsi berbagai macam buah seperti stroberi, jeruk, dan anggur yang kaya Vitamin C. Sama seperti bahan makanan penghilang stress lain, buah-buahan dapat membantu menghadirkan rasa lega di dalam pikiran.

4. Matikan Hubungan Dengan Dunia Luar
Kalau stress Anda sudah tidak tertahankan lagi, disarankan untuk mencoba mematikan koneksi dengan dunia luar untuk sejenak. Ini merupakan salah satu cara mengatasi stress yang efektif.

Terkadang beragam faktor eksternal memicu kehadiran stress. Maka, ada baiknya memutuskan hubungan dengan pihak lain untuk sementara waktu. Anda bisa mematikan telepon sementara waktu. Disarankan juga untuk tidak mengakses internet atau menggunakan media sosial.

Pasalnya, hasil riset psikolog Richard Barding dari University of Worcester di Inggris menyebutkan bahwa smartphone punya potensi meningkatkan tingkat stress seseorang. Mematikan televisi juga wajib dilakukan. Biarkan untuk sejenak Anda tidak terhubung dengan pihak luar. Hal itu dapat membuat Anda merasa tenang. Namun, agar bisa benar-benar bisa merasa nyaman sepanjang hidup, ada baiknya Anda mempersiapkan jaminan hidup dengan lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan memiliki asuransi jiwa yang menjamin hidup hingga masa depan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Mengatasi Stress dalam 5 Menit"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.