Begini Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Video Youtube

Saat ini, Youtube telah menjadi salah satu media paling populer di dunia. Menonton video Youtube sudah menjadi rutinitas pengguna internet "zaman now". Video Youtube yang begitu beragam dan unik memang menjadi daya tarik tersendiri. Di Indonesia, beberapa operator internet juga menawarkan layanan untuk memanjakan pelanggan saat menonton video Youtube.

Umumnya, akses internet di Indonesia ditawarkan dalam sistem kuota bandwidth. Jika ingin menonton video Youtube, kamu harus menyiapkan kuota internet yang memadai. Hal ini dikarenakan akses streaming video Youtube membutuhkan bandwidth yang tidak sedikit. Belum lagi harga kuota internet yang masih terasa agak mahal.

Kamu yang hobi menyaksikan video Youtube tidak perlu khawatir. Pada artikel ini, Kami akan menjelaskan cara menghemat kuota saat menonton video dalam Youtube. Dengan begitu, kamu tidak akan cepat kehabisan kuota internet. Berikut ini caranya

Mengatur aplikasi Youtube
Kamu bisa menggunakan aplikasi Youtube pada smartphone Android atau iPhone
Pertama, buka aplikasi Youtube
Tap gambar akun di pojok kanan atas aplikasi
Pilih menu Settings/Pengaturan
Pilih menu General
Aktifkan pilihan Limit mobile data usage. Jika pilihan ini aktif, maka video Youtube yang kamu tonton akan menggunakan resolusi standar (144p-360p). Video Youtube dengan resolusi standar tentu tidak terlalu menghabiskan banyak kuota internet. 
Jika ingin menonton video berdefinisi tinggi atau versi HD (High Definition), kamu bisa menonaktifkan pilihan tersebut atau menggunakan koneksi wifi umum/gratis. Konsekuensinya, streaming video Youtube versi HD akan memakai kuota internet lebih banyak.

Secara default, Youtube akan memutar video berikutnya secara otomatis begitu video sebelumnya selesai. Hal ini tentu dapat memakan kuota internet secara tiba-tiba. Oleh karena itu, kamu perlu mematikan fitur Autoplay atau putar otomotis. Berikut ini caranya

Masih dalam menu Settings/Pengaturan dalam aplikasi Yuotube Android
Pilih menu Autoplay
Nonaktifkan pilihan Autoplay next video. Dengan begitu, video Youtube berikutnya tidak akan diputar secara otomatis
Jika kamu menonton video Youtube lewat browser PC/laptop, nonaktifkan fitur Autoplay pada bagian kanan atas daftar video

Menurunkan kualitas/resolusi video
Seperti yang kamu tahu, resolusi video menentukan kualitas. Semakin tinggi resolusi video Youtube, makin bagus pula kualitas video tersebut. Berbanding lurus dengan kualitasnya, beban streaming video ketika diputar juga akan semakin besar sehingga dapat memakan banyak kuota internet. Jadi, kamu harus menurunkan resolusi video agar kuota internet tidak terpakai terlalu banyak. Begini caranya

Jika kamu menonton video Youtube via aplikasi dalam Android/iPhone
Tap ikon Options pada pojok kanan atas video
Pilih menu Quality
Pilih resolusi video sesuai keinginan
Ingat! Makin tinggi resolusi video, makin banyak bandwidth kuota yang digunakan. Pilihan paling bijak ada pada resolusi 144p-360p. Bila menggunakan resolusi terkecil, kamu akan mendapatkan kualitas video paling rendah dengan penggunaan kuota paling rendah juga
Sebaliknya, jika ingin menonton video Youtube dengan kualitas terbaik, kamu bisa memilih resolusi 720p ke atas. Untuk video dengan resolusi 720p ke atas, kamu sebaiknya memakai akses internet dengan kuota unlimited.
Pilihan resolusi Auto akan disesuaikan dengan kecepatan akses internet yang kamu gunakan.

Jika kamu menonton video Youtube lewat browser PC/laptop
Klik ikon Settings/Pengaturan (ikon roda gerigi)
Klik opsi Quality
Pilih resolusi video sesuai keinginan
Mengurangi resolusi merupakan cara hemat menonton video Youtube di laptop/PC.

Download video Youtube
Mengunduh atau memutar langsung (streaming) video Youtube sebetulnya sama-sama menggunakan kuota. Tapi, download video Youtube mungkin lebih hemat kuota karena cukup dilakukan sekali. Sedangkan, menonton langsung akan lebih boros kuota karena bisa dilakukan berkali-kali. Video Youtube yang telah diunduh bisa ditransfer ke media lain seperti PC atau laptop dan dapat disaksikan secara offline mengurangi kuota atau memerlukan akses internet.

Cara mengunduh video Youtube sangat mudah. Dalam aplikasi Youtube pada Android sudah menyediakan fitur Download untuk memudahkan kamu mengunduh video favorit. Jika ingin menyimpan video Youtube ke media lain, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan kuota khusus streaming video Youtube
Beberapa penyedia layanan internet di Indonesia menawarkan paket spesial untuk menonton video Youtube. Pada paket tersebut tersedia kuota internet khusus untuk bandwidth atau streaming video. Dengan begitu, kamu bisa menyaksikan video Youtube tanpa mengurangi kuota utama.

Jika memang hobi menonton video Youtube, kamu dapat memanfaatkan layanan kuota tersebut. Carilah paket internet khusus yang menyediakan layanan seperti di atas. Mungkin harganya sedikit lebih mahal, namun kuota yang tersedia lebih banyak.

Bila tidak menemukan paket khusus tersebut, kamu juga bisa menggunakan kuota bonus yang umumnya cukup besar. Hanya saja, kuota bonus tersebut cuma berlaku pada waktu-waktu tertentu seperti tengah malam hingga pagi hari. Nah, kamu bisa memanfaatkan kuota bonus tersebut untuk menyaksikan video Youtube. Tentunya kamu harus bangun lebih pagi agar bisa mendapatkan kuota bonus tersebut.

Memanfaatkan akses internet gratisTerakhir, bila benar-benar tidak memiliki kuota, kamu bisa menggunakan akses internet berupa wifi/hotspot gratis di sekitar tempat tinggalmu. Wifi/hotspot gratis ini bisa kamu temui di tempat-tempat umum seperti kantor pelayanan publik, sekolah, taman, tempat rekreasi/wisata, kafe, warung, pasar, dan sebagainya.

Meski akses internetnya gratis, kamu mungkin tetap harus mengeluarkan biaya seperti transportasi, parkir, atau camilan dan kopi untuk menemani saat menonton video Youtube. Itung-itung untuk mengganti biaya kuota internet.

Demikian cara menghemat kuota internet saat menonton video Youtube. Jika kamu mau mencobanya, dijamin nonton video Youtube lebih nyaman dan kuota bisa hemat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Begini Cara Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Video Youtube"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.