Kesalahan Perencanaan, Jalan Ini Jadi Jalan Tercuram di Dunia!

Kamu harus ekstra hati-hati saat melewati jalan ini kalau tidak mau terpeleset dan jatuh menggelinding. Jalan di New Zeland ini di nobatkan sebagai jalan aspal paling curam sedunia. Saking curamnya, mungkin kamu bisa main perosotan di jalan ini.


Jalan Baldwin ini berada di perumahan North Valley di Dunedin dan termasuk jalan yang cukup pendek namun memiliki tanjakan yang curam. Jalan sejauh 350 meter ini memiliki tingkat kecuraman 19 derajat atau 1:5 dengan jalan rata. Naik sekitar 70 meter dari Lindsay Creek sampai bukit Signal.

Kecuraman yang tak biasa pada Jalan ini merupakan hasil dari perencanaan kota yang buruk. Karena ketidak tahuan perencana tentang topografi dan medan tempat perumahan akan di bangun, beberapa jalan di perumahan ini jadi begitu curam untuk dilalui.

Saat mencapai bagian bawah atau dasar tanjakan tidak terasa begitu curam. Namun di bagian atas tanjakan akan terasa sekali curamnya jalan ini. Tidak seperti jalan yang ada dibukit atau pegunungan yang berkelok-kelok, jalan ini lurus, licin dan terjal sehingga lebih menyeramkan saat melewatinya.

Saat ini warga di Dunedin justru bangga dengan kepopuleran jalan Baldwin ini. Pada musim panas, jalan ini dimanfaatkan dalam berbagai acara. Seperti berlari menaiki dan menuruni tanjakan, melepaskan ribuan bola coklat atau mengirim bola tenis ke bawah.

Kamu mau mencoba main perosotan disini juga?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesalahan Perencanaan, Jalan Ini Jadi Jalan Tercuram di Dunia!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.