10 Kapal Selam Paling Canggih dan Mematikan di Dunia


Kapal selam memiliki peranan penting dalam menjaga suatu negara dari serangan musuh yang datang dari laut. Untuk memperkuat angkatan laut suatu negara, sudah pasti beberapa negara di seluruh dunia berlomba-lomba menciptakan kapal selam yang lebih modern dengan persenjataan yang lebih canggih lagi.

Namun, di antara banyak jenis kapal selam yang dimiliki setiap negara di seluruh dunia, negara manakah yang memiliki kapal selam paling modern, canggih dan mematikan di dunia? Berikut 10 kapal selam paling canggih dan mematikan di dunia, seperti dilansir Military-Today.com.

10. Kelas Oscar II - Rusia
Kapal selam dari kelas Oscar II merupakan kapal selam rudal jelajah milik Soviet atau Rusia yang bertenaga nuklir (SSGNs). Kapal selam ini juga merupakan kapal selam terbesar ketiga di dunia dalam hal panjang.

Oscar II dipersenjatai dengan Granit 24 P-700, rudal jelajah supersonik yang memiliki jangkauan mencapai 550 km. Kapal selam ini juga dilengkapi dengan dua tabung torpedo 650 mm dan empat tabung torpedo 533 mm. Senjata ini memiliki dua fungsi yakni sebagai rudal atau juga bisa sebagai anti-rudal dari serangan kapal musuh.

9. Kelas Ohio - Amerika Serikat
Kapal selam dari kelas ini pada awalnya dirancang untuk membawa rudal balistik antarbenua (SSBNs). Namun pada tahun 2002-2009, Angkatan Laut AS mengkonversi empat kapal selam yang sudah tua menjadi kapal selam rudal jelajah (SSGNs).

Empat kapal selam itu yakni Ohio, Michigan, Florida dan Georgia yang dikonversi dengan mengganti rudal Trident dengan 7 rudal kecil Tomahawk. Setiap kapal selam yang sudah dikonversi mampu membawa hingga 154 rudal Tomahawak. Dan juga terdapat tabung 533 mm untuk torpedo Mk. 48.

8. Kelas Soryu - Jepang
Tidak seperti kapal selam lainnya yang bertenaga nuklir, kapal selam milik Jepang ini memiliki propulsi diesel listrik. Kapal selam ini juga dilengkapi dengan sistem propulsi udara independen. Negeri samurai ini merupakan satu-satunya negara yang menggunakan kapal selam dari kelas Soryu ini.

Sistem propulsi udara tersebut memungkinkan kapal selam ini untuk menyelam lebih lama tanpa harus ke permukaan untuk mengisi daya. Bahkan karena sistem tersebut, kapal selam ini mampu berada di bawah laut selama mingguan.

Kapal selam ini juga memiliki desain hidrodinamik dan dilengkapi dengan lapisan anechoic. Sayangnya persenjataan kapal selam ini sangatlah terbatas.

7. Kelas Akula - Rusia
Pada akhir tahun 1980-an, Uni Soviet meluncurkan beberapa kapal selam dari kelas Akula. Kelas Akula ditandai dengan peningkatan yang signifikan dalam hal desain kapal dibandingkan kapal-kapal sebelumnya.

Kapal selam penyerang ini memiliki empat tabung torpedo 650 mm dan empat tabung 533 mm. Peningkatan dari versi sebelumnya juga membuat sensor kapal selam ini jadi lebih baik lagi.

6. Kelas Los Angeles - Amerika Serikat
Angkatan Laut Amerika Serikat saat ini mengoperasikan 40 kapal selam tua dari kelas Los Angeles. Kapal selam ini terbukti menjadi platform Anti-submarine warfare (ASW) terbaik yang dimiliki AS.

Peningkatan kapal selam dari jenis ini pertama kali ditugaskan pada tahun 1988. Dan kapal selam ini jauh lebih tenang dibandingkan dengan versi sebelumnya. Belum lagi kapal selam ini dilengkapi dengan berbagai macam senjata mematikan, termasuk torpedo Mk. 48, Sub-Harpoon rudal anti-kapal dan rudal jelajah darat Tomahawk.

5. Kelas Sierra II - Rusia
Kapal selam jenis ini memiliki dua lambung titanium yang ringan dan kuat. Sierra II dapat beroperasi pada kedalaman yang sangat dalam dan memiliki pertahanan yang kuat dari serangan torpedo musuh.

Senjata-senjata yang dibawanya juga sangat ampuh, seperti Torpedo, SS-N-15 Starfish atau SS-N-16 Stallion anti-rudal, dan SS-N-21 Samson rudal jelajah.

4. Kelas Graney - Rusia
Ini merupakan kapal selam penyerang terbaru bertenaga nuklir yang dimiliki Rusia. Dan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kapal selam dari kelas Akula.

Severodvinsk, nama kapal selam ini, memiliki 24 tabung peluncuran vertikal untuk rudal jelajah, termasuk P-800 Oniks, rudal jelajah yang memiliki jangkauan hingga 300 km. Dan juga terdapat delapan tabung torpedo 650 mm yang memiliki fungsi untuk menyerang atau menangkal torpedo kapal musuh.

3. Kelas Astute - Inggris
Kapal selam bertenaga nuklir dari kelas Astute pertama kali ditugaskan dengan Royal Navy pada tahun 2010. Sejauh ini sudah ada tujuh kapal selam jenis ini yang akan menggantikan kapal dari kelas Swiftsure.

Kapal ini mampu membawa lebih banyak senjata dari kapal sebelumnya dari kelas Trafalgar. Senjata-senjata itu termasuk enam tabung torpedo 533 mm yang digunakan untuk meluncurkan torpedo Spearfish, Sub-Harpoon anti-rudal dan rudal jelajah Tomahawk.

Rudal jelajah Tomahawk Block VI yang dimiliki kapal selam ini memiliki jangkauan hingga 1.700 km dan dapat mengahncurkan kapal musuh dalam sekejap.

2. Kelas Virginia - Amerika Serikat
Kapal selam dari kelas Virginia milik Angkatan Laut AS ini merupakan kapal selam bertenaga nuklir yang merupakan penerus dari kapal selam kelas Los Angeles. Kapal selam ini dirancang menjadi lebih kecil, dan lebih fleksibel lagi.

Kelas Virginia ini dilengkapi dengan teknologi baru yang dirancang dengan lapisan anechonic. Kapal ini juga dilengkapi dengan dengan 12 sistem tabung peluncur vertikal (VLS). Tabung itu digunakan untuk meluncurkan rudal darat Tomahawak dengan jangkauan mencapai 1.700 km.

Selain itu, kapal selam ini juga dapat digunakan untuk operasi khusus yang memungkinkan sembilan orang untuk masuk dan keluar kapal selam ini.

1. Kelas Seawolf - Amerika Serikat
Kapal selam paling mematikan sekaligus sangat mahal datang dari kelas Seawolf milik Amerika Serikat. Mesin penghancur masal ini dimaksudkan untuk mencari dan menghancurkan kapal selam rudal balistik yang dimiliki Soviet, seperti kapal selam dari kelas Typhoon dan Akula.

Dijuluki dengan kapal selam paling tenang di dunia, Seawolf mampu menyelam dalam keadaan cepat tanpa menghasilkan suara bising. Dan juga kapal selam ini dapat beroperasi di bawah es kutub.

Persenjataan yang dimiliki kapal selam dari kelas ini juga tak jauh berbeda dengan persenjataan kapal selam dari kelas Virginia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Kapal Selam Paling Canggih dan Mematikan di Dunia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.