Tak Biasa, Dokter di China Tumbuhkan Telinga Buatan di Lengan Pasien


Seorang dokter bedah plastik di China bernama Guo Shuzhong kembali melakukan operasi tak biasa kepada pasiennya. Guo menumbuhkan organ telinga buatan di lengan pasiennya.

Setelah berhasil tumbuh di lengan, organ pendengaran buatan itu rencananya akan dipindahkan ke kepala pasien. Operasi ini dilakukan untuk membantu seorang pasien bernama Ji yang kehilangan telinga kanannya akibat kecelakaan lalu lintas satu tahun lalu.

Saat itu, bagian wajah Ji di sebelah kanan memang rusak parah. Ji pun pernah menjalani beberapa kali operasi bedah untuk mengembalikan kerusakan pipi dan kulitnya di wajah.

Belakangan, Ji mengaku ingin kembali memiliki sepasang telinga seperti dulu. "Saya kehilangan satu telinga. Saya selalu merasa tidak lengkap," ucap Ji seperti dilaporkan China News.

Keinginan Ji itu pun tengah berusaha diwujudkan oleh dokter Guo. Untuk membuat telinga baru, dokter Guo mengambil tulang rawan dari tulang rusuk pasien.

Telinga buatan itu kemudian ditanam di lengan kanan pasien. Menurut Guo, menumbuhkan telinga buatan di lengan pasien adalah bagian tersulit. Guo dan timnya pun mengaku telah sukses melakukan tahap tersulit itu.

Setelah telinga buatan semakin berkembang atau tumbuh dewasa, Guo akan melakukan transplantasi organ itu kepala pasien menggunakan teknik anastomosis pembuluh darah.

Artinya, telinga buatan di lengan akan dipindahkan ke kepala pasien untuk menggantikan telinga kanan yang rusak pasca-kecelakaan lalu lintas.

Guo dan timnya berharap transplantasi telinga akan berlangsung 3-4 bulan setelah organ telinga buatan tumbuh di lengan pasien.

Kemampuan Guo dalam operasi ini tak diragukan lagi oleh pasien. Guo adalah seorang ahli bedah plastik ternama dari sebuah rumah sakit di Xi'an, China. Tahun 2006, ia pernah melakukan operasi transplantasi wajah pertama di Cina.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Biasa, Dokter di China Tumbuhkan Telinga Buatan di Lengan Pasien"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.