Inilah Buah dan Sayur Berbentuk Unik


Kelima makanan ini, baik itu sayuran dan buah-buahan, memiliki bentuk yang unik dan aneh. Beberapa dari mereka memang mengalami proses modifikasi selama masa penanaman. Namun, sisanya tidak mengalami modifikasi apa pun dan memang tumbuh secara alami dengan bentuk yang tak biasa.

Teknik modifikasi bentuk buah telah diterapkan di beberapa negara, terutama Jepang. Berikut adalah lima makanan yang memiliki bentuk aneh dan unik, sehingga mungkin kita akan merasa terlalu sayang untuk memakannya. Mari kita simak bersama!

1. Lemon Berbentuk Hati
Bukan Jepang namanya kalau tidak menciptakan sesuatu yang unik dan menarik. Selain berhasil menanam semangka berbentuk hati , Jepang ternyata juga memiliki buah lemon yang berbentuk hati. 

Wisatawan yang mengunjungi Hiroshima kini bisa mencicipi secangkir teh dengan irisan lemon berbentuk hati. Menakjubkan, bukan?! Prefektur ini memang dikenal sebagai tempat penghasil beberapa jenis lemon terbaik di Jepang. Jadi tak heran, jika para petani di sana senang bereksperimen dengan lemon mereka. 

Sebagai dilansir rocketnews24, Mihara Citrus Fruit Company, yang berlokasi di Prefektur Hiroshima, baru-baru ini memamerkan hasil budi daya mereka yang berupa lemon berbentuk hati.

Untuk memperbanyak produksi lemon berbentuk hati ini, para peneliti di Hiroshima Prefectural Technology Research Institute mencoba mengembangkan cetakan baru berbentuk hati.

Para petani mulai mencoba menggunakan cetakan baru itu pada bulan Juli lalu, dan menemukan bahwa itu dapat mendorong adanya peningkatan hasil panen lemon yang luar biasa. Mereka pun melaporkan bahwa tingkat keberhasilan mencapai lebih dari 80 persen. Salut deh untuk Jepang!

2. Jeruk Berbentuk Segi Lima


Di bidang pertanian, petani Jepang dikenal kreatif dalam memodifikasi bentuk buah dan sayuran. 

Selain semangka berbentuk kubus dan hati, petani Jepang sukses memodifikasi bentuk jeruk yang biasanya bulat jadi segi lima. Wow, menakjubkan!

Buah jeruk iyokan berbentuk segi lima ini rupanya dibuat khusus untuk para siswa yang akan menghadapi ujian masuk perguruan tinggi di Yawatahama, Ehime. 

Seperti dilansir Daily Mail, Keisuke Ninomiya, Akihiro Nagaoka, dan Jo Kubota adalah orang-orang yang berjasa di balik munculnya jeruk segi lima. Tiga sekawan ini tergabung dalam Hiduchi Tachibana Club.

3. Semangka Berbentuk Hati

Setelah bertahun-tahun melakukan penelitian, Hiroichi Kimura, seorang petani dari Prefektur Kumamoto, akhirnya berhasil menciptakan semangka berbentuk hati. 

Hiroichi bertekad untuk dapat melakukan sesuatu yang tidak pernah dilakukan orang lain, yakni menciptakan semangka bentuk baru. Selama ini, semangka berbentuk kotak atau segi empat bukan hal yang baru lagi di Jepang. Berangkat dari rasa penasaran dan keinginannya untuk terus memperbarui teknik pertanian di Jepang, Hiroichi yang awalnya hanya menanam semangka bulat bertekad untuk menciptakan semangka dengan bentuk baru.

Ide membuat semangka bentuk hati awalnya berasal dari celetukan seorang tetangga Hiroichi yang mengatakan bahwa akan sangat menarik jika dirinya bisa melihat semangka berbentuk hati. Rasa ingin tahu Hiroichi seketika tersulut dan dia kemudian mulai meneliti bagaimana cara membuat semangka berbentuk hati.

Tetapi, ini bukanlah tugas yang mudah. Setiap hari, Hiroichi harus membaca buku dan pamflet tentang teknik penanaman, cara mengembangkan cetakan berbentuk hati, dan meneliti metode budidaya yang ideal, kondisi tanah, suhu ruangan, dan tingkat kelembapan yang dapat membuat semangkanya berbentuk hati.

Pada awalnya, semua upaya Hiroichi berakhir pada kegagalan. Tetapi, dia tidak pernah putus asa dan terus berusaha untuk mewujudkannya. Tahun demi tahun dilaluinya dengan terus menantang dirinya untuk bisa menumbuhkan semangka berbentuk hati, sampai akhirnya dia berhasil.

Semangka Hiroichi memiliki tingkat kerenyahan yang sangat menakjubkan dan rasa yang manis. Bahkan setelah ditelan, daging buah semangka itu tetap meninggalkan rasa manis yang pekat di lidah.

"Saya ingin pelanggan saya makan sesuatu yang lezat," kata Hiroichi kepada rocketnews24. Bahkan sekarang, setelah berhasil menumbuhkan semangka impiannya, dia masih terus meneliti dan berusaha mengembangkan semangka bentuk baru yang lezat.

4. Pir Berbentuk Wajah Bayi dan Biksu Kecil


Ada begitu banyak hal aneh yang terkadang sulit dicerna akal pikiran kita.Setelah beberapa saat lalu, dunia maya dihebohkan dengan kisah anjing berwajah manusia , kini kembali beredar foto-foto yang menampilkan pir berbentuk wajah seorang bayi dan biksu kecil yang duduk bersila. 

Sebagaimana dilansir rocketnews24.com (19/3), foto yang diambil di sebuah supermarket di Beijing, China, ini memamerkan pir menyeramkan berbentuk wajah bayi.

Topik ini juga menjadi bahasan hangat di Jepang dalam beberapa pekan terakhir. Banyak dari mereka mempertanyakan mengapa seseorang ingin memakan sesuatu yang menyerupai janin manusia.

5. Brokoli dengan Angka Fibonacci
Brokoli yang memiliki bentuk unik ini disebut Romanesco. Romanesco juga dikenal sebagai kembang kol Romawi atau brokoli Romanesco.

Romanesco, seperti dilansir Wikipedia, adalah sejenis kuncup bunga yang dapat dimakan dari spesies Brassica oleracea. Brokoli berwarna hijau muda ini pertama kali ditemukan di Italia sebagai broccolo romanesco. 

Bila dibandingkan dengan kembang kol pada umumnya, sayuran ini memiliki tekstur yang jauh lebih renyah, dan rasa yang tidak terlalu tegas, lembut dan pedas. Sayuran hijau ini juga kaya akan vitamin C, vitamin K, serat dan karotenoid.

Menariknya, jumlah spiral di atas kepala brokoli Romanesco ini sesuai dengan bilangan Fibonacci. Apa itu Fibonacci? Bilangan Fibonacci pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli matematika yang berasal dari Italia, bernama Leonardo Fibonacci. Dia berhasil menemukan deretan angka sederhana yang secara ajaib dapat menjelaskan gerakan-gerakan dan pertumbuhan yang muncul secara acak di alam semesta. Deret angka sederhana itu adalah sebagai berikut: 1,1,2,3,5,8,13,21,34,55,89,144,...dst.

Inilah lima makanan berbentuk unik dan aneh, yang mungkin akan membuat kita merasa terlalu sayang untuk memakannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Buah dan Sayur Berbentuk Unik"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.