Dikira Migrain, ternyata Ada Batu di Kepala Pria ini!


Seorang pria asal Brazil mengalami sakit kepala yang sangat parah hingga mempengaruhi kemampuan melihatnya. Ketika diperiksakan, dokter menemukan adanya batu yang terbuat dari kalsium dalam otak pria ini.

Terbentuknya batu dari kalsium tersebut diperkirakan akibat penyakitnya yang tak terdiagnosis. Pria tersebut tak sadar memiliki penyakit coeliac, yaitu penyakit autoimun yang membuat seseorang mengalami intoleransi pada gluten.

Awalnya pria tersebut diperkirakan memiliki migrain. Namun setelah dirawat, sama sekali tak menunjukkan hasil. Setelah dilakukan CT scan betapa terkejutnya dia menemukan batu kalsium yang terdapat dalam otaknya.

Tes selanjutnya menunjukkan bahwa pria tersebut memiliki antibodi yang berkaitan dengan penyakit coeliac. Kondisi ini menyebabkan sistem imunnya bereaksi terhadap gluten, yaitu protein yang bisa ditemukan dalam gandum. Ketika seseorang yang memiliki penyakit coeliac ini mengonsumsi gluten, sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan merusak lapisan usus kecil dan membuat tubuh tak bisa menyerap nutrisi.

Kasus yang diterbitkan di jurnal New England Journal of MEdicine ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa 60 persen pasien penyakit coeliac menunjukkan tanda-tanda adanya kerusakan saraf. Selain itu, gejala lainnya antara lain merasa sering kembung, diare, mual, konstipasi, rasa lelah, sakit kepala, penurunan berat badan, anemia, dan rambut rontok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dikira Migrain, ternyata Ada Batu di Kepala Pria ini!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.