Ini 7 Hal Tidak Terduga Yang Dapat Membuat Tuli


Telinga termasuk menjadi salah satu bagian dari panca indera yang memiliki banyak manfaat penting. Bahkan apabila kesehatan telinga Anda terganggu, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Seperti dilansir dari care2.com, ada beberapa hal tak terduga yang ada di sekeliling Anda yang dapat menurunkan kesehatan telinga. Inilah daftarnya.

Pemakaian headphone
Anda mungkin sudah seringkali mendengar bahwa pemakaian headphone mampu menyebabkan gangguan pendengaran. Sebuah penelitian dari American Speech-Language-Hearing Association menemukan bahwa 35% orang dewasa dan 59% persen remaja yang menggunakan headphone dengan volume keras sekitar 110-120 desibel dan dengan waktu yang lama mengalami gangguan pendengaran secara permanen . Oleh karena itu badan kesehatan ini menganjurkan Anda untuk menggunakan headset hanya dalam kurun waktu 1 jam dengan 60% volume.

Gangguan tidur
Gangguan tidur seperti sleep apnea mampu menyebabkan gangguan pendengaran baik dari frekuensi rendah hingga frekuensi tinggi. Hal ini terjadi sebab sleep apnea mampu memberikan efek samping pada pasokan pembuluh darah ke koklea (bagian dalam telinga) yang kemudian menyebabkan peradangan.

Diabetes
Orang yang menderita diabetes memiliki risiko yang tinggi untuk mengalami gangguan pendengaran. Sebab menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, kadar glukosa darah tinggi dapat merusak pembuluh di vascularis stria dan saraf yang pada akhirnya mampu mengurangi kemampuan untuk mendengar.

Ibuprofen
Penggunaan obat-obatan seperti ibuprofen dan acetaminophen ternyata juga mampu merusak pendengaran Anda. Sebab kedua jenis obat ini mampu mengurangi aliran darah ke koklea yang dapat menurunkan fungsi pendengaran Anda.

Peralatan kerja
Orang yang bekerja menggunakan mesin-mesin yang bising seperti mesin pemotong rumput, gergaji listrik, dan bor juga berpotensi tinggi untuk mengalami gangguan pendengaran sebab mesin-mesin ini memiliki suara yang bising. Sehingga menggunakannya setiap hari tanpa jeda mampu merusak pendengaran secara permanen.

Penumpukan kotoran telinga
Penumpukan kotoran telinga adalah salah satu penyebab paling umum dari gangguan pendengaran parsial. Untuk itu, bersihkan telinga Anda secara rutin. Namun alangkah baiknya Anda tidak menggunakan cotton bud, sebab alat ini justru akan mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam.

Merokok
Tidak banyak yang tahu bahwa merokok mampu merusak pendengaran Anda. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, perokok berat memiliki kemungkinan 1,3 kali lebih besar untuk mengalami gangguan pendengaran di masa tua. Hal ini terjadi karena bahan kimia di dalam rokok mampu mengganggu kesehatan pembuluh darah yang ada di dalam sistem pendengaran Anda.

Itulah beberapa hal tidak terduga yang dapat menyebabkan penurunan kesehatan pendengaran Anda. Bahkan juga mampu menyebabkan Anda tuli. Sehingga hindari hal di atas sebisa mungkin demi kesehatan telinga dan kesehatan keseluruhan tubuh Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini 7 Hal Tidak Terduga Yang Dapat Membuat Tuli"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.