6 Negara Paling Rasis di Dunia

Di era modern seperti sekarang ini, dimana setiap orang memiliki hak yang sama dengan orang lain ternyata tak cukup kuat untuk membuat sebagian orang menghilangkan ideologi atau paham-paham rasisme.

Tidak dapat dipungkiri jika sejak lama rasisme sudah melanda di berbagai Negara di seluruh penjuru dunia, yang mana mereka mengkotak-kotakkan orang lain berdasarkan warna kulit, suku, tempat tinggal, materi hingga kepercayaan beragama. Parahnya lagi mereka yang berasal dari kelompok, suku, warna kulit atau agama tertentu justru melanggar hak-hak orang lain hanya karena mereka merasa paling benar.

Dengan akal sehat, kemanusiaan dan kedewasaan kita yang melihatnya tentu merasa miris. Namun faktanya rasisme masih tetap hidup sampai sekarang, seperti di 7 negara di bawah ini yang berdasarkan hasil penelusuran media-media internasional menjadi Negara paling rasis di dunia.

1. Rusia
Negeri Beruang Putih, Rusia sebenarnya telah menjadi salah satu Negara modern di Eropa. Hanya saja ideologi rasisme di Negara ini masih berkembang. Bahkan catatan terakhir sekitar 40 persen lebih warga Rusia menolak untuk berhubungan dengan suku atau etnis yang berbeda dengan mereka. Seperti Afrika, Asia, Kaukasia bahkan Cina. Tidak hanya itu di tahun 2009 tercatat masih ada sekitar 100 lebih kasus kekerasan dan kejahatan yang dimotori oleh ideologi rasisme.

2. Arab Saudi
Negeri penghasil minyak sekaligus menjadi salah satu Negara terkaya di dunia ini ternyata juga punya catatan hitam. Rasisme di Arab Saudi disebut-sebut merupakan ideologi yang sangat sulit untuk dihilangkan. Tidaka hanya dari kalangan masyarakatnya tapi juga dari pemerintahnya sendiri. Seperti yang terjadi pada sejumlah pekerja asing yang datang dari berbagai Negara termasuk tanah air. Mereka diperlakukan sangat tidak manusiawi bahkan mereka yang berhasil masuk di pemerintahan pun tidak akan pernah mendapatkan jabatan tinggi jika mereka bukan penduduk asli Arab Saudi.

3. Israel
Sudah menjadi rahasia umum jika Negara Israel mempraktekkan ideologi-ideologi rasisme. Salah satu buktinya adalah kasus-kasus kejahatan perang terhadap Negara tetangganya yaitu Palestina. Namun selain Palestina masyarakat Israel sendiri pun terjadi rasisme khususnya bagi orang-orang kulit hitam yang menjadi warga Negara Israel.

4. Korea Utara
Korea Utara secara resmi memperkenalkan dirinya sebagai Negara rasis di dunia. Hal tersebut terbukti dari adanya kebijakan yang dikeluarkan oleh Kim Jong Un bagi masyarakatnya yang berasal dari bukan golongan biru. Bahkan Kim Jong Un menetapkan jika hanya golongan biru saja yang bisa mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan dan pekerjaan dari pemerintahnya.

5. Amerika Serikat 
Negeri Paman Sam Amerika adalah Negara modern yang sangat memperjuangkan penghapusan rasisme. Hanya saja faktanya sampai sekarang ini pergesekan antara kulit hitam, kulit putih dan kuning (julukan orang-orang Amerika Latin) masih sangat sering terjadi. Mereka yang bukan kulit putih tidak hanya mendapat hinaan dan cacian tapi juga kekerasan dan dianggap tidak pantas untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

6. India
Dari lansiran berbagai media internasional, negeri Bollywood India ternyata menjadi Negara paling rasis di dunia sekarang ini. Bahkan lebih dari 50 persen warganya tidak ingin berhubungan atau bahkan hanya sekedar bertetangga dengan orang-orang India berkulit hitam. Selain masalah kulit tidak sedikit pula masyarakat India yang menaruh rasa dendam dan benci terhadap suku-suku tertentu. Parahnya sampai sekarang ini kasus kekerasan akibat rasisme di negeri ini justru semakin meningkat.

Sumber: http://segiempat.com/aneh-unik/sejarah/negara-paling-rasis-di-dunia/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Negara Paling Rasis di Dunia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.