Inilah 6 Kehebatan Supir Angkot di Indonesia

Angkutan umum merupakan salah satu media transportasi yang digunakan masyarakat secara bersama-sama dengan membayar tarif. Angkutan umum merupakan lawan kata dari 'kendaraan pribadi'. Sejalan dengan peningkatan pendapatan masyarakat, banyak orang yang mampu membeli kendaraan pribadi. Banyak alasan untuk memiliki kendaraan pribadi, antara lain karena masalah privasi dan kenyamanan. Namun dibalik kebaikannya, kepemilikan kendaraan pribadi terlalu banyak juga menimbulkan banyak masalah.

Diantara banyak angkutan umum, ada salah satunya yang paling terkenal yaitu Angkutan kota atau biasa disingkat Angkot. Angkot adalah sebuah moda transportasi perkotaan yang merujuk kepada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja.

Seringkali kita naik angkot hanya sekedar untuk pergi ke suatu tempat, tanpa memperhatikan si Supir Angkot yang kita naikin. Disini saya ingin sedikit mengungkap tentang kehebatan Supir Angkot yang harus kalian ketahui berdasarkan pengamatan saya:

1. Dapat Menghitung dengan Cepat, Tepat dan Cermat
Pernah kan kalian melihat kalau supir angkot dapat menghitung dengan cepat? Apalagi jika uang yang anda berikan berupa recehan. Setelah anda mengatakan "kiri mas!", dengan cepat dan ligat sang Supir akan menanyakan daerah awal anda serta bersiap mengambil kembalian jika uang yang anda berikan berupa uang besar. Jadi, jangan bangga dulu kalau anda mendapat peringkat 1 dikelas karena kecepatan anda dalam menghitung, karena jauh diluar dugaan, seorang supir angkot mempunyai keahlian menghitung cepat sama dengan anda bahkan lebih baik.

2. RAJA-nya Jalan
Coba anda perhatikan ketika anda hendak memanggil angkot. Dengan jari telunjuk yang mengacung keatas serta sedikit digoyang-goyangkan ke arah angkot, dengan sangat sigap sang supir akan langsung menghampiri anda dengan angkotnya (apalagi ketika anda sedang diperebutkan oleh dua angkot sekaligus, pasti sang supir akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk mendapatkan diri anda tanpa memperhatikan keadaan disekitarnya.

3. Dapat membuat 'Alibi' yang tepat demi mendapat penumpang yang banyak
Ini yang paling saya tidak suka. Sebenarnya udah trik saya kalau melihat supir angkot yang ngetem, pasti gak akan saya naiki angkot tersebut. Tapi ketika saya sudah jalan agak depan, angkotnya akan mengikuti anda dengan iming-iming tidak akan ngetem lagi, namun pas sudah masuk angkot, sebenarnya kita sudah masuk perangkap dari sang supir sendiri. Dengan gas yang setengah-setengah dimainkan serta tangannya yang diayun-ayunkan dengan gemulai memanggil sang korban lainnya yang bakal masuk ke angkot tersebut. "masih lama ya pak?" saya lontarkan kepada sang supir sambil melihat jam menandakan sedang buru-buru (padahal tidak), sang sopir menjawab "5 menit lagi mas" padahal angkot berangkat lebih dari menit yang udah dia bilang.

4. Dapat menghitung kapasitas penumpang yang bakal masuk ke Angkot
Apakah pernah terpikirkan oleh anda ketika agan melihat kondisi angkot yang sudah lumayan penuh oleh penumpang? dan ketika itu juga ada segerombolan penumpang lain yang ingin menaiki angkot tersebut? Dengan lantang Sopir Angkot akan mengatakan "itu sebelah kiri muat 2 orang lagi mas, sebelah kanan ada 1 lagi muat, yang ditengah masih bisa juga mas, kalo temennya di depan aja mas masih bisa" . Menurut saya ini kehebatan sang sopir karena tanpa mengetahui lingkar badan penumpangnya, besar kecil penumpang, dapat memprediksi kalau angkotnya masih bisa diisi dengan penumpang kembali.

5. Dapat memodifikasi Angkot-nya
Sebenarnya saya kurang setuju dengan poin ini, tapi berhubungan dengan tema kita maka saya ingin mendeskripsikan saja. Angkot adalah fasilitas umum yang diciptakan oleh Negara untuk memudahkan rakyatnya untuk pergi kesebuah tempat sesuai dengan tujuannya masing-masing. Tapi ada juga, Sopir angkot yang mendesain Angkotnya sampai ceper dan jelas sebenarnya ini sangat membahayakan bagi penumpangnya sendiri.

6. Dapat menghidupi keluarga-nya dengan baik
Ini adalah poin yang paling saya suka. Tapi mungkin hanya segelintir sopir angkot saja yang saya lihat seperti. Apakah pernah terpikirkan? disisi lain dari tindakan nyentrik para supir angkot, mereka punya kegigihan dalam menghidupi keluarganya. Ada sopir angkot yang mengiginkan anaknya bisa menjadi lebih baik dari mereka, seperti berita akhir-akhir ini ketika Ayahanda seorang Tukang Becak yang mengantarkan anaknya yang akan Wisuda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 6 Kehebatan Supir Angkot di Indonesia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.