10 Macam Sarapan Pagi di Indonesia

Sarapan atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dan sangat dianjurkan untuk dipenuhi, karena alasan kesehatan.

Dalam sarapan, kita dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Tidak seperti di negara lain, orang Indonesia memiliki banyak pilihan makanan untuk sarapan. Kebanyakan orang Indonesia tidak terbiasa makan roti untuksarapan. Nah, karena nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, mereka kerap mengolahnya bersama makanan lain. 

Makanan-makanan berikut biasa dimakan orang Indonesia untuk sarapan. Tak hanya rakyat biasa, kalangan menengah ke atas pun menyukai makanan berikut untuk sarapan. Apa saja?

1. Bubur Ayam
Jenis sarapan yang satu ini favorit kebanyakan orang. Bubur ayam mudah ditemukan di mana pun. Teksturnya yang lembut, santan yang gurih, serta irisan ayam membuat makanan ini cocok menjadi makanan di pagi hari. Tapi percaya atau tidak, ternyata di Sumatera Barat bubur ayam tidak begitu disukai. Tak heran bubur ayam lebih banyak ditemukan di Pulau Jawa.

2. Lontong Sayur
Nah, jika bubur ayam tidak begitu disukai masyarakat Sumatera, lontong sayur sebaliknya. Di Pulau Sumatera, makanan jenis inilah yang lebih banyak dikonsumsi pada pagi hari. Penyebarannya pun cukup banyak. Bahan pelengkapnya juga bervariasi. Ada ayam, telur rebus, nangka, pakis, dan lain-lain. Yang membuat makanan ini lebih unik adalah adanya lontong malam. Jadi ketika anda ingin makan lontong malam hari, anda bisa menemukannya di kedai yang menjual lontong malam.

3. Nasi Kuning
Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Indonesia. Masakan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama kunyit, santan, serta rempah-rempah. Nasi kuning dimakan bersama lauk pelengkapnya seperti teri dan tempe goreng, ikan asin, maupun irisan telur dadar.

4. Mie
Beberapa orang ingin makanan yang praktis. Tak heran, mie menjadi pilihan mereka. Mie sangat cocok bagi mereka yang tidak terlalu jago masak, buru-buru, serta murah. Mie biasa disajikan dengan telur ceplok, ayam, telur rebus, maiupun dimakan tanpa lauk apapun.

5. Nasi Pecel
Masakan yang satu ini merupakan makanan khas kota Madiun, Jawa Timur. Makanan ini biasa disajikan dengan nasi dan dilengkapi rebusan sayur. Rebusan sayur yang digunakan bervariasi. Bisa tauge, kacang panjang, kemangi, pakin, bayam, maupun sayur-sayuran segar lainnya. Yang pasti, baik dengan nasi atau tidak, mesti disiram kuah pecel. Kuah pecel yang enak membuat banyak orangyang terbiasa memakannya sebagai sarapan.

6. Nasi Krawu
Kalau yang ini merupakan makanan khas kota Gresik. Seperti biasa, nasi kemudian deiberi campuran berbagai lauk. Lauknya dapat berupa daging sapi maupun jeroan yang sudah digoreng kering. Biasanya makanan ini tidak diberi pelengkap berupa sayur.

7. Nasi Liwet
Lain lagi dengan jenis makanan yang satu ini. Masakan ini lebih dikenal sebagai masakan khas kota Solo. Nasi liwet merupakan nasi yang disajikan dengan saur labu siam, suwiran ayam, dan areh yakni semacam bubur gurih dari kelapa. Nasi liwet biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menjualnya secara berkeliling.

8. Nasi Jagung
Makanan ini adalah variasi nasi khas bagi masyarakat Madura. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama beras. Nasi jagung dapat diberi pelengkap suka-suka. Nasi jagung sangat baik bagi penderita diabetes yang ingin sarapan sehat.

9. Nasi Uduk
Merupakan nasi putih yang diaron dan dikukus dengna santan dari kelapa yang diparut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai, dan merica. Makanan ini dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar yang sudah diiris-iris, kering tempe, dan sambal dari kacang. Makanan ini juga menjadi pilihan masakan bagi kebanyakan orang Indonesia karena rasanya yang gurih dan nikmat.

10. Nasi Kucing
Biasa disebut pula dengan nama sega kucing adalah sebentuk nasi rames dengan menu bermacam-macam. Lauk yang melengkapi nasi kucing adalah tempe kering, teri goreng, sambal goreng, babat, bandeng, usus, kepala atau cakar ayam, serta telur puyuh. Nasi kucing tentunya tidak menggunakan daging kucing. Hanya saja nasi ini disajikan dengan porsi yang sedikit. Nasi kucing terkenal di berbagai tempat dan sangat populer di kalangan mahasiswa karena harganya yang murah.

Tentunya masih banyak lagi pilihan beragam makanan untuk sarapan orang Indonesia. Sebab, Indonesia terkenal dengan keunikan kulinernya. Nah, bagaimana dengan di tempat Anda?

Sumber: http://citizen6.liputan6.com/read/2170409/ini-10-macam-sarapan-favorit-orang-indonesia?p=5

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Macam Sarapan Pagi di Indonesia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.