Daftar Film Animasi Terbaik Oscar Dari Tahun 2001

Academy Award atau lebih sering disebut dengan sebutan piala Oscar adalah sebuah ajang penghargaan film tertinggi di Amerika Serikat. Piala Oscar diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) yang merupakan sebuah organisasi penghormatan profesional yang pada tahun 2007 mempunyai keanggotaan sebanyak 5.830 orang pemilih. Aktor-aktor (dengan keanggotaan sebanyak 1.311) merupakan kelompok pemilih terbesar. Seperti yang kita tahu, bahwa nominasi untuk kategori film animasi terbaik dalam piala Oscar atau bernama lengkap Academy Award for Best Animated Feature, baru pertama kali diberikan pada tahun 2001. Jadi setidaknya sampai saat ini (2015), sudah terdapat 14 film animasi yang pernah memenangkan penghargaan untuk kategori film animasi terbaik tersebut. Film animasi apa sajakah itu? Mari kita lihat urutan selengkapnya:

2001 - Shrek
Shrek merupakan sebuah film animasi buatan Amerika Serikat yang disutradarai oleh Andrew Adamson dan Vicky Jenson, dan pengisi suaranya adalah Mike MyersEddie MurphyCameron Diaz, dan John Lithgow. Film ini diadaptasi dari sebuah buku dongeng bergambar yang berjudul Shrek! karya William Steig pada tahun 1990. Film ini diproduksi oleh DreamWorks AnimationShrek adalah film pertama yang memenangkan Academy Award untuk fitur film animasi terbaik, sebuah kategori yang pertama kali dianugerahkan pada tahun 2001. Shrek telah dirilis dalam bentuk DVD dan VHS pada 4 September 2001.

2002 - Spirited Away
Spirited Away atau Sen to Chihiro no Kamikakushi adalah sebuah film tahun 2001 yang disutradarai sutradara anime dan mangaka Jepang Hayao Miyazaki yang dibuat di Studio GhibliSpirited Away dirilis di Jepang pada Juli 2001, menarik penonton sebanyak sekitar 23 juta dan meraup pendapatan sebesar 30 miliar yen, mengalahkan Titanic untuk menjadi film tersukses dalam sejarah Jepang. Film ini memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut. Film ini juga memenangi Penghargaan Beruang Emas pada Pesta Film Internasional Berlin 2002 (bersama Bloody Sunday).

2003 - Finding Nemo
Finding Nemo adalah sebuah film animasi grafik komputer buatan Amerika Serikat yang meraih penghargaan Academy Award. Dirilis pada 30 Mei 2003 di Kanada dan Amerika Serikat. Pemain utamanya ialah Albert BrooksEllen DeGeneresAlexander Gould,Willem Dafoe, dan masih banyak lagi. Sutradaranya ialah Andrew Stanton.

2004 - The Incredibles
The Incredibles adalah sebuah film animasi garapan sutradara Brad Bird tahun 2004. Film ini merupakan film animasi keenam produksi Studio Animasi Pixar yang dikeluarkan oleh Walt Disney Pictures dan dirilis oleh Buena Vista Distribution di Amerika Serikat pada 5 November 2004, di Kerajaan Bersatu dan Irlandia pada 26 November 2004DVD-nya yang terdiri dari dua keping dirilis pada 15 Maret 2005 di Amerika Serikat. Brad Bird, yang sebelumnya merupakan sutradara The Simpsons, awalnya membuat film ini untuk animasi biasa, namun Warner Bros. menutup divisi animasinya dan Brad pindah ke Pixar bersama film ini. Sebelumnya, "The Incredibles" adalah film Animasi dari Pixar yang mendapatkan keuntungan kedua tertinggi, di belakang Finding Nemo dengan keuntungan $631 juta dollar Amerika Serikat. Namun, pada tahun 2009 posisi ini direbut oleh Up yang mendapatkan keuntungan lebih tinggi, yaitu sekitar $683 juta Dollar Amerika Serikat.

2005 - Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit
Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit merupakan film komedi animasi keluarga Inggris 2005 yang diproduksi oleh Aardman Animations bekerjasama dengan DreamWorks Animation dan didistribusikan oleh DreamWorks Pictures. Film ini disutradarai oleh Nick Park dan Steve Box sebagai film kedua karya Aardman setelah Chicken Run. Film ini didasarkan pada karakter dan serial film pendek berjudul Wallace and Gromit yang diciptakan oleh Park. Inti cerita film ini adalah tentang penemu eksentrik yang bernama Wallace (disuarakan oleh Peter Sallis) dan anjingnya yang pintar bernama Gormit saat keduanya ingin menyelamatkan warga desa yang diganggu oleh seekor kelinci mutan sebelum kompetisi sayur tahunan.

2006 - Happy Feet
Happy Feet adalah film animasi produksi tahun 2006 yang disutradarai oleh George Miller dan mulai ditayangkan pada 17 November 2006. Film ini dipersembahkan kepada Steve Irwin, yang meninggal sebulan setelah merekam suaranya untuk film ini, dan Nick Enright, penulis Lorenzo's Oil. Film ini juga ditayangkan di bioskop-bioskop IMAX 2D dan mungkin akan ditayangkan juga dalam format IMAX 3D.

2007 - Ratatouille
Ratatouille adalah sebuah film animasi komputer yang dirilis tahun 2007. Film ini diproduksi oleh Pixar, dan didistribusikan oleh Walt Disney Pictures. Film ini mengenai seekor tikus yang bernama Rémy (suara oleh Patton Oswalt), yang ingin menjadi koki restoran terkenal di Paris. Film ini disutradarai oleh Brad Bird, yang mengambil alih dari Jan Pinkava pada tahun 2005, dan lalu merilisnya di Amerika Serikat pada 29 Juni 2007Ratatouille adalah nama sebuah makanan khas Perancis.

2008 - WALLE
WALL•E adalah sebuah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Tokoh utama dalam film ini adalah sebuah robot yang bernama WALL•E. Film ini dirilis pada tanggal 27 Juni 2008. Film yang disutradarai oleh Andrew Stanton, yang sebelumnya menyutradarai Finding Nemo dan memenangkan Academy Award untuk kategori film animasi. Jim Morris, yang sebelumnya bekerja untuk Lucasfilm, menjadi produsernya. Karakter-karakter dalam WALL•E, sebagian besar suaranya tidak disuarai oleh manusia, tetapi oleh suara mekanik.

2009 - Up
Up adalah sebuah film animasi produksi Pixar Animation Studios yang didistribusikan oleh Walt Disney PicturesUp diputar perdana pada 29 Mei 2009 dalam Cannes Film Festival, dan mencatat sejarah sebagai film animasi pertama yang diputar dalam acara tersebut.

2010 - Toy Story 3
Toy Story 3 adalah sebuah film animasi produksi oleh Pixar yang ditayangkan pada tahun 2010 dalam bentuk Film 3D. Film ini merupakan sekuel dari seri film Toy Story dan merupakan sekuel terakhir yang akan dipublikasikan. Pada hari pertama peluncuran film ini, reaksinya sangat dahsyat. Film ini berhasil mengantongi $41 juta hanya dari hari pertama pemutarannya saja, dan dalam tiga hari berhasil mendapatkan $109 juta, menciptakan rekor baru untuk film animasi. Film ini gagal menyamai Toy Story dan Toy Story 2 di Rotten Tomatoes, dimana kedua film itu mendapatkan rating bersih 100%, film ini mendapatkan rating bersih 99%. Selain respon dari kritikus yang sangat positif, Toy Story 3 juga mendapatkan pendapatan yang jauh di atas film Pixar lainnya. Toy Story 3 memecahkan rekor Finding Nemo sebagai film Pixar tersukses di Amerika Utara dan di Dunia, dengan keuntungan bersih sebesar $405 juta di Amerika Utara dan $1,005 miliar di dunia. Toy Story 3 juga mengalahkan rekor Shrek 2 sebagai film animasi dengan keuntungan tertinggi didunia sepanjang masa. Toy Story 3 adalah film ketujuh yang berhasil mendapatkan keuntungan di atas satu miliar Dollar dan film animasi pertama yang mendapatkan rekor ini. Tahun 2010 juga dicatat sebagai tahun dimanaDisney menjadi studio pertama yang menghasilkan dua film dengan keuntungan di atas satu miliar Dollar dalam tahun yang sama, yaitu Toy Story 3 dan Alice in Wonderland.

2011 - Rango
Rango adalah film animasi yang dirilis tahun 2011. Film ini disutradarai oleh Gore Verbinski. pengisi suara dalam film in di antaranya adalah Johnny DeppIsla FisherAbigail Breslin dan Alfred Molina. Film ini diproduksi oleh Nickelodeon Movies dan didistribusikan oleh Paramount Pictures. Film ini mengisahkan tentang hewan peliharaan yang melakukan petualangan untuk mencari jati dirinya.

2012 - Brave
Brave adalah film animasi Pixar yang ditayangkan di seluruh dunia pada tanggal 22 Juni 2012. Film ini diisi suara oleh Kelly Macdonald sebagai Princess Merida.

2013 - Frozen
Frozen adalah sebuah film animasi 3D tahun 2013 produksi Walt Disney Animation Studios dan dirilis ke bioskop oleh Walt Disney Pictures pada tanggal 27 November 2013. Film ini merupakan film animasi ke-53 dari Walt Disney Animated Classics yang dibuat berdasarkan dongeng Hans Christian Andersen berjudul Ratu SaljuKristen BellIdina MenzelJonathan GroffJosh Gad, dan Santino Fontana menjadi pengisi suara dalam film yang menceritakan tentang seorang putri pemberani yang bertualang bersama manusia gunung untuk mencari kakak perempuan sang putri yang menyebabkan kerajaan mereka mengalami musim salju abadi.

2014 - Big Hero 6
Big Hero 6 adalah film 3D superhero animasi komputer yang diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios, berdasarkan dari tim superhero Marvel Comics dengan nama yang sama. Film ini akan disutradarai oleh Don Hall, co-direktur Winnie the Pooh, danChris Williams, co-direktur Bolt. Ini menjadi film animasi yang ke-54 di Walt Disney Animated Classics series. Film Big Hero 6 akan menjadi yang pertama dari produksi Disney animasi untuk menampilkan karakter Marvel sejak akuisisi The Walt Disney Company dari Marvel Entertainment pada tahun 2009. Film ini dirilis pada 7 November 2014 oleh Walt Disney Pictures.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Film Animasi Terbaik Oscar Dari Tahun 2001"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.