Inilah Negara yang Diam-Diam Mempunyai Kekuatan Militer yang Mematikan


Ketika membahas militer dunia, pasti tidak akan jauh-jauh dari Amerika, Tiongkok, atau pun Rusia. Tidak salah sih jika fokus dunia disorotkan kepada mereka, pasalnya negara-negara itu memang pemilik militer paling yahud se-dunia. Meskipun demikian, bukan berarti peta kekuatan militer dunia di dominasi negara-negara itu.

Ya, ada beberapa negara tanpa banyak gembar-gembor berita yang ternyata punya kekuatan militer sangar dan tidak kalah dengan deretan negara itu. Misalnya saja Pakistan. Kita mungkin takkan percaya kalau negara ini sebenarnya sangat kuat. Tapi, kalau dilihat dari data-datanya, negara ini bisa dibilang sangat mengerikan militernya. Misalnya saja jumlah personil aktif mereka terbanyak no 6 di dunia, serta punya kelengkapan alutsista yang memadai.

Tak hanya Pakistan yang jarang dielu-elukan sebagai militer hebat tapi justru sebaliknya, ada banyak negara yang dianggap tidak keren angkatan perangnya tapi justru sangat jumawa.

1. India, Negara Dengan Militer Paling Oke di Asia Selatan
Selama ini hampir jarang sekali India diunggul-unggulkan militernya, atau dikatakan sebagai negara kuat. Padahal kalau berdasarkan statistik, negara Hindustan ini jumawa luar biasa. Bahkan kalau dikomparasikan tiap segmen dari kekuatannya, India mampu dengan mudah melumat negara sekelas Iran atau pun Korea Utara.

Sumber kekuatan militer India sangat berimbang antara jumlah personel dan juga alutsistanya. Diketahui, hingga hari ini mereka memiliki sekitar 1,3 juta personel aktif yang siap tempur. Kalau dilihat dari alutsistanya, India bisa dibilang sangat gahar. Mereka punya sekitar 6.464 tank, 679 pesawat tempur, dan 14 kapal selam. Satu lagi, mereka juga punya kapal induk.

2. Korea Selatan, Aslinya Lebih Jumawa dari Korut
Gara-gara Korut yang kebanyakan gaya dan tukang pamer, orang-orang pun akhirnya membentuk persepsi sendiri jika di antara dua Korea, negara pimpinannya Kim Jong Un-lah yang lebih unggul. Kalau pamor sih mungkin bisa jadi, tapi secara statistik, yang jauh lebih kuat itu sebenarnya Korea Selatan.

Di daftar yang dibuat oleh Global Fire Power, Korea Selatan ada di peringkat 7 dunia, sedangkan Korut terpaut jauh dengan mendekami peringkat 36. Korut mungkin unggul jumlah personel, tapi kalau dari sisi alutsista, Korsel bisa melumat negara tetangganya ini dengan gampang. Mereka hampir memiliki apa pun, mulai dari ratusan pesawat tempur, tank-tank, mobil peluncur rudal, sampai dengan belasan kapal selam. Korut? Negara ini cuma pamer nuklir saja, selebihnya tidak ada apa-apanya.

3. Perancis, Diam-Diam Jadi Negara Terkuat Eropa
Tak pernah terdengar kabarnya, siapa sangka jika dalam diam Perancis ternyata punya kekuatan militer yang gila. Secara statistik mungkin mereka kalah sedikit dengan Inggris, tapi mereka sama sekali tidak bisa diremehkan.

Perancis memiliki banyak hal yang membuat mereka sepertinya akan menang mudah kalau terlibat dalam sebuah peperangan atau konfrontasi. Jika dirinci, Perancis memiliki sekitar 200 ribuan tentara aktif yang dilengkapi dengan alutsista darat laut udara yang mantap. Tank mereka ada 425 buah, pesawat tempur ada 282 buah, serta 10 kapal selam yang bisa bikin mereka super kuat.

4. Turki, Kekuatannya Juga Tak Bisa Diremehkan
Bukan tanpa alasan kenapa Turki sampai berani macam-macam dengan Rusia yang notabene pemilik kekuatan militer nomor dua paling greget di dunia. Ya, apalagi kalau bukan karena negara ini tak kalah gahar militernya.

Memang di atas kertas Turki cukup jauh jika dibandingkan Rusia. Tapi, jika Turki mengerahkan kekuatan penuhnya, maka negara sekelas Amerika pun bakal kelabakan. Dari sisi pasukan, Turki memiliki sekitar 410 ribu tentara aktif, lalu untuk alutsistanya, negara ini juga punya kelengkapan yang sangat oke. Mulai dari 3778 tank, sampai 200an pesawat jet yang siap diperasikan kapan pun.

5. Taiwan, Negara Kecil Dengan Militer Besar
Rasa-rasanya kok seperti hal yang mustahil ya kalau negara sekecil Taiwan bisa punya militer yang gila. Ya, sekilas memang seperti itu. Tapi, kalau dilihat dari data-datanya, memang benar kalau negara ini adalah salah satu kekuatan paling besar di dunia. Mungkin tidak sebesar Tiongkok, tapi kalau dibandingkan dengan negara-negara terkenal seperti Korea Utara, Italia, atau Iran, Taiwan jelas lebih unggul.

Ada banyak alasan kenapa negara ini begitu greget militernya. Pertama jumlah tentara aktif mereka yang bisa dibilang banyak, hampir 300 ribuan. Belum lagi deretan alutsistanya yang bisa dibilang banyak jumlahnya. Mulai dari tanknya yang berjumlah 2 ribuan, pesawat tempur 287 buah, dan lain sebagainya.

Deretan negara-negara ini jarang terdengar kejumawaannya, gara-gara kalah pamor dengan negara-negara gila seperti Amerika, Rusia dan Tiongkok. Padahal mereka punya kehebatan yang tak kalah. Kalau dikomparasikan, bagaimana posisi negara-negara ini dengan Indonesia? Hampir semunya berada di atas Indonesia levelnya, kecuali Taiwan. Dengan taiwan pun kita hanya selisih dua peringkat saja. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Negara yang Diam-Diam Mempunyai Kekuatan Militer yang Mematikan"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.