Inilah 10 Presiden Dengan Masa Pemerintahan Paling Lama

Presiden merupakan sebuah nama jabatan yang digunakan untuk menyebut pimpinan suatu organisasi, perusahaan, perguruan tinggi, atau sebuah negara.
Seperti yang kita tahu, bahwa dalam suatu negara, Presiden merupakan sebuah jabatan yang paling tinggi diantara jabatan yang lainnya.

Mungkin selama ini kita hanya tahu bahwa Presiden Indonesia yang kedua, Soeharto adalah Presiden dengan masa jabatan yang paling lama, namun ternyata dugaan itu salah, setidaknya ada puluhan Presiden lain dalam sejarah dunia ini yang masa jabatannya lebih lama daripada Presiden Soeharto. Siapa sajakah mereka? Langsung saja kita simak:
10. Josip Broz Tito (Yugoslavia)
Masa Jabatan: 29 November 1943 - 4 Mei 1980 (36 tahun, 157 hari)
Josip Broz Tito adalah seorang Presiden Yugoslavia yang memimpin negara tersebut selama kurang lebih 36 tahun. Selama 36 tahun kepemimpinannya, Tito memimpin Yugoslavia menghadapi perang dingin yang diwarnai dengan hubungannya yang dinamis dengan Uni Soviet. Tito juga merupakan sahabat dekat Presiden Soekarno. Tito meninggal di umur 87 tahun dan dimasa-masa akhir sebelum dia meninggal, dia pernah berujar bahwa dialah orang Yugoslavia yang terakhir.

9. Francisco Franco (Spanyol)
Masa Jabatan: 30 Januari 1938 - 20 November 1975 (37 tahun, 294 hari)
Francisco Franco adalah seorang diktator militer Spanyol yang memerintah Spanyol lebih dari 37 tahun. Ketika Raja Spanyol Alfonso XIII turun dari tahtanya, Francisco Franco dengan cepat melakukan revolusi bersenjata di negaranya. Dan dengan cepat pula Pemerintahan Nasionalis Spanyol yang dibentuknya, diakui oleh pemimpin Fasis Italia, Mussolini dan pemimpin Jerman Nazi, Adolf Hitler. Setelah itu, karir Francisco Franco melejit hingga akhirnya dia menjadi seorang Presiden. Dia meninggal pada tanggal 20 November 1975 dengan status masih menjadi Presiden Spanyol.

8. Gnassingbé Eyadéma (Togo)
Masa Jabatan: 14 April 1967 - 5 Februari 2005 (37 tahun, 297 hari)
Gnassingbé Eyadéma adalah seorang Presiden Togo yang berhasil menjadi seorang Presiden setelah melakukan kudeta militer pada tahun 1967. Setelah menjadi Presiden, dia membentuk sebuah partai politik yang bernama Rassemblement du Peuple Togolais (RPT). Setelah itu, dia kemudian memimpin sebuah rezim baru dengan satu partai hingga awal tahun 1990-an. Gnassingbé Eyadéma tercatat sebagai Presiden terlama di benua Afrika.

7. Mohamed Abdelaziz (Sahrawi Arab Democratic Republic)
Masa Jabatan: 30 Agustus 1976 - sekarang (-+ 38 tahun, 167 hari)
Mohamed Abdelaziz adalah seorang Presiden yang memimpin Sahrawi Arab Democratic Republic selama kurang lebih 38 tahun. Hingga saat ini, Presiden yang memiliki harta yang melimpah ini masih menjabat sebagai Presiden.

6. Paul Biya (Kamerun)
Masa Jabatan: 30 Juni 1975 - sekarang (-+39 tahun, 228 hari)
Paul Biya adalah seorang Presiden Kamerun yang hingga saat ini masih menjabat sebagai Presiden. Bila dilihat dari catatanya, karir politik Paul Biya ini naik secara pesat mulai dari seorang politikus biasa hingga akhirnya menjadi Presiden Kamerun ditahun 1975 setelah menggantikan Ahidjo yang sebelumnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden.

5. Enver Hoxha (Albania)
Masa Jabatan: 22 Oktober 1944 - 11 April 1985 (40 tahun, 171 hari)
Enver Hoxha adalah seorang diktator Albania yang berhasil memimpin negara tersebut selama kurang lebih 40 tahun. Selama menjadi Presiden, dia kerap sekali membuat keputusan yang aneh, salah satunya dia melarang orang untuk menumbuhkan jenggot. Selain itu, dia juga melarang adanya mesin tik dan TV berwarna. Adapun dia pernah membangun sekitar 750.000 bunker untuk melindungi warganya karena takut di invansi oleh Yugoslavia.

4. Omar Bongo (Gabon)
Masa Jabatan: 2 Desember 1967 - 6 Mei 2009 (41 tahun, 155 hari)
Omar Bongo adalah seorang Presiden Gabon yang kini telah meninggal dunia karena mengalami gagal jantung. Dia menjadi Presiden Gabon setelah sebelumnya dia menjabat sebagai Wakil Presiden. Pada tahun 1973, dia masuk Islam dan kemudian mengganti namanya menjadi Omar (nama sebelumnya Albert-Bernard Bongo).

3. Yumjaagiin Tsedenbal (Mongolia)
Masa Jabatan: 8 April 1940 - 23 Agustus 1984 (44 tahun, 137 hari)
Yumjaagiin Tsedenbal adalah seorang Presiden Mongolia yang memerintah selama 44 tahun. Sebelum menjadi Presiden, dia pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dan Sekretaris Jenderal Partai Rakyat Mongolia. Dia meninggal dunia di Kota Moskow pada tanggal 20 April 1991 ketika umurnya menginjak 74 tahun.

2. Kim Il-sung (Korea Utara)
Masa Jabatan: 9 September 1948 - 8 Juli 1994 (45 tahun, 302 hari)
Kim Il-sung adalah seorang pemimpin diktator Korea Utara. Kim Il-sung adalah kakek dari Kim Jong-un yang notabene adalah Presiden Korea Utara saat ini. Selama Kim Il-sung memimpin Korea Utara, dia seringkali membuat keputusan yang aneh. Dia pernah memaksa semua warga negaranya untuk memakai lencana yang ada gambar wajahnya. Selain itu, dia juga pernah meminta kepada dokter pribadinya untuk melakukan apa saja agar umurnya bisa sampai 100 tahun.

1. Fidel Castro (Kuba)
Masa Jabatan: 16 Februari 1959 - 19 April 2011 (52 tahun, 62 hari)
Diantara semua Presiden, Fidel Castro merupakan Presiden yang memiliki masa kepemimpinan paling lama sepanjang sejarah. Fidel Castro memimpin negara Kuba selama 52 tahun. Fidel Castro adalah seorang revolusioner dan politikus Kuba yang menjabat sebagai Perdana Menteri Kuba sebelum terpilih menjadi Presiden pada tahun 1976. Fidel Castro pernah berguru kepada Presiden Soekarno pada tahun 1960. Fidel Castro menyerahkan jabatan Presidennya kepada sang adik, Raul Castro karena kondisi dia yang sudah rentan karena termakan usia.

Mungkin hanya itu saja 10 Presiden yang memiliki masa pemerintahan yang paling lama sepanjang sejarah. Ternyata setelah dilihat dari daftar lengkapnya (Wikipedia), Presiden Soeharto berada diurutan ke 28 dengan masa kepemimpinan selama 31 tahun, 70 hari. Sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 10 Presiden Dengan Masa Pemerintahan Paling Lama"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.