12 Fenomena Yang Pernah Menghebohkan Indonesia

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia. Selain itu, Indonesia juga merupakan sebuah negara dengan jumlah suku bangsa terbanyak di dunia.

Selama perjalanannya, negara yang telah merdeka selama 69 tahun ini tentu telah banyak melewati berbagai fenomena-fenomena besar yang tentu saja mendapatkan banyak perhatian dari seluruh rakyat Indonesia.

Dalam 6 tahun terakhir saja, setidaknya Indonesia telah 12 kali dihebohkan oleh berbagai macam fenomena, baik itu berasal dari ranah politik maupun ranah hiburan. Nah, fenomena apa saja kah itu? Mari kita lihat daftar selengkapnya:

1. Kematian Michael Jackson (Juni 2009)
Yang pertama adalah kematian Sang Raja Pop, Michael Jackson. Mungkin untuk fenomena yang satu ini, tidak hanya Indonesia saja yang merasakan kehebohannya, tapi juga seluruh dunia. Seperti yang kita tahu bahwa kabar kematian Michael Jackson ini sempat menghebohkan seluruh dunia termasuk Indonesia. Bahkan, saat pertama kali kabar kematian Michael Jackson ini menyebar, mesin pencarian terbesar di internet, Google sempat mengalami "koma" karena terlalu banyak orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci Michael Jackson.

2. Mbah Surip - Tak Gendong (Juli 2009)
Satu bulan berselang, kini giliran seorang musisi Reggae asal Indonesia yang bernama lengkap Urip Achmad Rijanto atau lebih dikenal dengan panggilan Mbah Surip yang membuat heboh Indonesia. Sebenarnya Mbah Surip bukanlah orang baru di industri musik Indonesia. Nama Mbah Surip sudah dikenal sejak belasan tahun yang lalu. Namun pada tahun 2009, nama Mbah Surip langsung melejit saat lagu ciptaannya yang berjudul Tak Gendong banyak dijadikan orang sebagai ring back tone atau nada sambung di salah satu operator sehingga lagu ini kembali dirilis dan berhasil terjual laris manis dipasaran. Namun sayang sekali, Mbah Surip harus meninggal di puncak kejayaannya.

3. Kiamat 2012 (November 2009)
Pada bulan November 2009, Hollywood merilis sebuah film bencana fiksi berjudul 2012 yang dibesut oleh sutradara "ahli film bencana" Roland Emmerich. Film tersebut ternyata berhasil membuat Indonesia cukup heboh. Film ini bercerita tentang sebuah bencana alam besar yang akan menimpa dunia pada tanggal 21 Desember 2012 atau tepat bersamaan dengan berkahirnya putaran panjang kalender Suku Maya.
Entahlah, apakah orang-orang Indonesia pada saat itu percaya dengan hal ini sehingga fenomena ini banyak dijadikan bahan perbincangan orang dimana-mana.

4. Kasus Video Ariel Peterpan (Juni 2010)
Selang satu tahun, Indonesia kembali dihebohkan dengan sebuah kasus video asusila yang diperankan oleh seorang penyanyi grup band terkenal, Ariel Peterpan bersama dengan dua orang artis papan atas di Indonesia yaitu Luna Maya dan Cut Tari. Kasus ini terkuak keatas permukaan setelah seseorang mengupload video itu di internet. Alhasil, kasus ini menjadi perbincangan hangat dimana-mana bahkan Twitter sempat mengalami "down" karena banyak sekali pengguna Twitter yang mentweet tentang Ariel Peterp***.

5. Sinta dan Jojo - Keong Racung (Juli 2010)
Satu bulan berselang, Indonesia kembali dihebohkan oleh sebuah video. Namun berbeda dengan video sebelumnya, video yang satu ini memperlihatkan dua orang gadis asal Bandung bernama Sinta dan Jojo yang sedang menyanyikan lipsing lagu Keong Racun. Alhasil, karena video ini banyak ditonton orang di Youtube, Sinta dan Jojo menjadi artis dadakan yang terus menghiasi layak kaca selama beberapa waktu.

6. Timnas Indonesia (Desember 2010)
Pada bulan Desember 2010, Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola antar negara ASEAN yang bernama AFF Suzuki Cup. Karena bermain sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia tampil mengejutkan di dua laga awal dengan mengalahkan Malaysia dan Laos dengan skor yang cukup telak. Alhasil, dua pertandingan tersebut langsung membangkitkan animo masyarakat Indonesia dalam mendukung Timnas Indonesia. Maka dari itu, terjadilah sebuah euforia yang merebak ke seantero negeri. Namun sayang sekali, euforia tersebut harus berakhir dengan anti klimaks setelah Indonesia dikalahkan Malaysia dipartai puncak.

7. Norman Kamaru - Chaiya Chaiya (April 2011)
Beberapa bulan setelah euforia Timnas Indonesia berakhir, kini giliran seorang Polisi asal Gorontalo yang berhasil menggoyang seluruh Indonesia. Pada bulan April 2011, tersebar sebuah video yang memperlihatkan seorang Polisi sedang bernyanyi lipsing lagu India (Chaiya Chaiya) sambil berjoget. Alhasil, karena video itu banyak digemari orang, Norman Kamaru atau pada saat itu lebih dikenal dengan panggilan Briptu Norman berhasil menjadi artis dadakan. Belakangan, Norman Kamaru mengejutkan banyak orang setelah dirinya memutuskan untuk keluar dari kepolisian.

8. Ayu Ting Ting - Alamat Palsu (September 2011)
Selang beberapa bulan, kini giliran seorang penyanyi dangdut baru bernama Ayu Ting Ting yang membuat Indonesia heboh lewat lagunya yang berjudul Alamat Palsu. Entahlah, apa karena faktor lagu ini enak atau mudah dinyanyikan sehingga lagu ini banyak bergema diseantero negeri.

9. Trio Macan - Iwak Peyek (Maret 2012)
Beberapa waktu kemudian, ranah hiburan kembali dihebohkan oleh sebuah lagu yang berjudul Iwak Peyek, yang dinyanyikan trio penyanyi dangdut yang bernama Trio Macan. Sama kasusnya dengan lagu Alamat Palsu yang dibawakan oleh Ayu Ting Ting. Entahlah, mungkin karena lagu ini enak didengar atau apalah, tetapi yang pasti berbagai kontroversi selalu mengiringi lagu Iwak Peyek ini sehingga akhirnya lagu ini menjadi terkenal dan menggema di seluruh nusantara.

9. Kasus Aceng Fikri (Desember 2012)
Beberapa bulan kemudian, Indonesia kembali dihebohkan oleh sebuah kasus yang dibuat oleh seorang Bupati Garut bernama Aceng Fikri. Kasus yang beritanya sampai keluar negeri ini dimulai pada saat Aceng Fikri menikahi seorang gadis yang bernama Fany Octora. Selang beberapa hari, Aceng Fikri memutuskan untuk menceraikan Fany Octora dengan alasan wanita tersebut sudah tidak perawan lagi. Dan hebohnya, kabar tentang perceraian tersebut disampaikan oleh Aceng Fikri kepada Fany Octora lewat sebuah sms. Kontan saja hal tersebut mendapatkan kecaman dari banyak pihak sehingga kasus tersebut membesar dan akhirnya membuat Aceng Fikri lengser dari jabatannya sebagai Bupati Garut.

10. Kasus Eyang Subur (April 2013)
Beberapa bulan berselang, kini ranah hiburan Indonesia kembali menyumbangkan sebuah fenomena yang berhasil mengguncangkan Indonesia. Fenomena yang satu ini bermula ketika seorang artis terkenal Indonesia, Adi Bing Slamet mengaku bahwa selama beberapa tahun terakhir, dia menjadi korban guna-guna seorang "guru spiritual" yang bernama Eyang Subur. Waktu ke waktu, kasus ini semakin besar dan semakin merembet kemana-mana. Namun yang mungkin tidak akan orang lupakan dari fenomena ini adalah kemarahan Arya Wiguna dengan jargonnya "Demi Tuhan".

11. Joget Caesar (Agustus 2013)
Pada bulan Ramadhan tahun 2013, sebuah program acara sahur Trans TV yang bernama Yuk Kita Sahur menjadi fenomenal setelah sebuah sekmen rutin acara tersebut yang memperlihatkan seseorang yang bernama Caesar berjoget diiringi lagu Buka Dikit Joss dan gerakan joget tersebut wajib untuk diikuti oleh seluruh penonton dan kru yang berada di studio. Alhasil karena sekmen dan acara tersebut ditayangkan setiap hari, maka joget tersebut menjadi sangat fenomenal dan mengantarkan Cesar kepuncak kejayaannya. Mungkin salah satu bukti bahwa joget ini fenomenal adalah ketika acara agustusan (2013) di gelar. Di hampir semua tempat yang mengadakan acara agustusan, pasti terdapat sebuah lomba atau sebuah kegiatan yang bertema Joget Caesar.

12. Jokowi vs. Prabowo (Juli 2014)
Mungkin sebuah pemilihan umum yang diadakan di suatu negara, sudah pasti akan mendapatkan banyak perhatian dari seluruh rakyatnya, begitu juga dengan di Indonesia. Namun, berbeda dengan pemilu yang terjadi di tahun 2014 ini. Hal tersebut dapat terjadi karena pemilu yang terjadi di tahun 2014 ini seperti hanya milik rivalitas dari Jokowi dan Prabowo saja. Rivalitas keduanya sudah terlihat bahkan dari Pemilu Legislatif. Lalu berlanjut di Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, hingga pasca pemilu pun, rivalitas keduanya masih terus berlanjut di Mahkamah Konstitusi. Kontan hal tersebut menjadi sebuah fenomena tersendiri yang tercatat dalam perjalanan bangsa ini.

Mungkin hanya itu saja artikel tentang 12 fenomena heboh yang pernah terjadi di Indonesia yang dapat saya rangkum dan bagikan kepada kalian. Mungkin kedepannya, akan semakin banyak lagi fenomena-fenomena menghebohkan lainnya yang akan menerpa negeri Indonesia yang kita cintai ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Fenomena Yang Pernah Menghebohkan Indonesia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.