10 Suku Dunia Yang Memiliki Peradaban Dunia Tertinggi

Suku dunia merupakan kemajuan negara dimasa sekarang yang tentunya memiliki teknologi canggih, tidak lupa dengan awal mula peradaban-peradaban dunia yang di bangun oleh suku-suku terdahulu yang memiliki tata letak kota, budaya, adat istiadat, dan kepercayaan yang mereka miliki.

Suku Dunia Tentunya juga adalah suku-suku yang memiliki pengaruh besar terhadap peradaban dunia yang memungkinkan dapat dipelajari di era sekarang dengan cara mempelajari dan mengetahui suku dunia tersebut berikut ulasannya. 

1. Suku Jawa (Indonesia)
Suku dunia Suku Jawa yang berada di Indonesia adalah suku yang paling terbesar hampir smua penduduk di Indoesia adalah etnis Jawa. Suku Jawa mempunyai bahasa sendiri yaitu Bahasa Jawa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dalam Bahasa Jawa mereka memiliki aturan tersendiri seperti peredaan kosa kata dan Intonasi antara pembicara dan lawan bicaranya. 

Sedangkan kebudayaan jawa yang hanya dianut oleh suku jawa pada dasarnya dibagi menjadi 3 yaitu Banyumasan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Budaya juga merupakan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian dalam kehidupan sehari-hari. Kepercayaan yang banyak dianut oleh Suku jawa mayoritas beragama islam (95%). Profesi Suku Jawa mayoritas sebagai petani lain lagi di perkotaan. 

2. Suku Aztek/Aztec (Mexico)
Suku Aztek/Aztec merupakan suku yang berasal dari Amerika Tengah yang tepatnya Negara Mexico, suku ini mewarisi tingginya warisan budaya mitologi yaitu dengan adanya pengorbanan manusia pada zamannya. Bahasa suku aztek adalah bahasa Aztek yang berarti orang yang berasal dari Aztian. Penggunaan nama juga dalam suku aztek yang merujuk pada agama, adat istiadat dan bahasa.

Suku juga adalah suku yang merupakan dari beberapa budaya dan aztek juga merupakan suku yang dianggap paling tidak berperadaban oleh nahuas, jadi mereka berinisiatif untuk belajar dan mereka belajar banyak dari Toltec tua.

Suku Aztek mempunyai kepercayaan yaitu berupa dongeng yang dikaitakn dengan kota tua yaitu Teotihuacan. Pada era sekarang kaum aztek mempunyai kota yang namanya adalah Tenochtitlan. 

3. Suku Inca (Peru)
Suku Inka atau disebut sebagai Kerajaan Inka ini sekarang terletak di negara Peru di tahu 1438-1533. Kerajaan ini sudah ada sejak Christoper Colombus belum datang. 

Christoper Colombus merupakan seorang penjelajah yang berasal dari Genoa/Italia yang menyeberangi Samudera Atlantik dan sampai ke Benua Amerika.

Kerajaan Inka sebagian besar wilayahnya adalah wilayah Amerika Selatan di bagian barat. Kerajaan Inka menggunakan Bahasa Quechua dan sebagian menggunakan bahasa lokal. 

4. Suku Mongolia (Beijing)
Suku Mongol merupakan bagian dari suku Republik Rakyat/ Republik Rakyat China. Bahasa yang dipakai adalah bahasa mongol sedangkan untuk populasi sebanyak 2,4 juta.Mongol Merupakan sebuah kerajaan yang besar yang didirikan oleh Genghis Khan pada tahun 1206. Genghis Khan menjadikan saru suku maongol yang pada saat itu sedang berselisih. Genghis Khan merupakan seorang yang lahir di Pegunungan Burhan Haldun.

Pada awalnya suku mongol berada di dataran tinggi disebelah utara Gurun Gobi. Dalam beberapa abad, Bangsa Mongolia hidup dengan cara berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lainnya yang membentang dari daerah Manchuria sampai dengan Turkistan. 

Suku Mongol ditakuti oleh bangsa-bangsa sekitarnya karena adanya serangan-serangan yang sangat dahsyat. Beberapa dari mereka menyerang negara Cina dan menjarah kafilah yang pada saat itu menyusuri jalur Sutera yang menghubungkan Cina, India dan Persia. 

5. Suku Dravida (India)
Bangsa Dravida adalah orang-orang terdahulu yang menempati negara India Kuno dengan daratan terbentang luas di asia yang memiliki sejarah peradaban yang sangat tinggi baik didalam hal kepercayaan, bahasa, aksara dan bangunan kota.

Namun secara umum dalam sejarah dunia menceritakan bahwa asal mula Bangsa India adalah suku Dravida tersebut, penghuni lembah Shindu ia juga memiliki kepercayaan sendiri seperti Sanatana Dharma / kebenaran abadi. 

Kemudian itu kedatangan kaum pendatang yaitu suku Bangsa Arya sehingga terjadi akulturasi budaya dan agama, namun pada umumnya Agama mereka mengakui adanya Trimurti, 3 Dewa, yaitu Dewa Brahma sebagai pencipta, Dewa Wisnu sebagai pemelihara/pelindung dan Dewa Siwa sebagai penghancur. 

6. Suku Dogon (Republik Mali)
Suku Dogon adalah nama suku yang berasal dari suatu kelompok suku yang menempati wilayah plato tengah Republik Mali, di selatan sungai Niger Afrika Barat, Tempat tersebut terkurung oleh daratan dan sebelumnya merupakan jajahan negara Perancis. Republik Mali langsung berbatasan dengan Aljazair dan Pantai Gading.

Pada Saat ini suku Dogon berpopulasi sekitar 800 ribu jiwa kurang lebih. Suku Dogon adalah suku yang sangat terkenal akan ilmu antopologinya dan menjadi objek studi antropologi oleh banyak ilmuwan. 

Suku Mereka juga terkenal akan mitologi, kebudayaan dan arsitektur pemukimannya. Saat ini suku tersebut telah membuat perubahan yang signifikan/perubahan drastis terhadap cara hidup, kebudayaan dan kepercayaan orang-orang Dogon. 

7. Suku Punt (Afrika)
Negeri Punt sering juga dijuluki Pwenet atau Pwene julukan oleh kawan mereka bangsa Mesir Kuno, mereka adalah mitra dagang Mesir Kuno yang tinggi akan produksi dan mengekspor emas, damar aromatik, Dalbergia melanoxylon, eboni, gading, budak, dan binatang liar. 

Informasi yang mengenai perdagangan dengan negeri Punt juga telah ditemukan didalam catatan-catatan Mesir kuno. 

Negeri Punt, adalah sebuah kerajaan yang terdapat di suatu tempat di wilayah Afrika. Dua Kerajaan ini menjalin hubungan dagang kerajaan Mesir Kuno. Kedua kerajaan ini saling saling menguntungkan dengan cara barter setidaknya dari abad ke-26 sebelum masehi. Anehnnya tidak ada seorang pun yang mengetahui letak persis dimana dulu kerajaan ini berdiri. 

8. Suku Maya (Amerika Tengah)
Suku Maya adalah suatu kelompok yang bertempat tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur.

Suku dunia maya ini berkecimbung di bidang teknologinya pada tahun 250 M - 925 M, Suku maya menghasilkan banyak bentuk karya dan peradaban yang sangat unik contohnya bangunan.

Cara mereka berkomunikasi dan mendokumentasikan tulisan: Tulisan tersebut menggunakan berupa gambar dan simbol-simbol, yang biasa dikatakan "glyph". dibagi menjadi 2 macam glyph: yaitu yang mempunyai gambar utuh dari benda yang dimaksudkan, dan tipe yang menggambarkan sebuah sesuatu yang sesuai dengan suku katanya. 

9. Negeri Silla (Korea)
Selanjutnya adalah suku dunia peradaban negeri Silla. Konon, kekuasaan kerajaan Silla ini mencakup semua bagian semenanjung Korea. Silla didirikan oleh raja Bak Hyeokgeose. Uniknya dalam legenda kuno, sang raja tersebut menetas dari telur misterius di hutan yang kemudian menikah dengan seorang ratu yang lahir dari rusuk naga.

Suku dunia Silla pada tahun ke-57 Sebelum Masehi, tepatnya 935 Masehi), seringkali diucapkan dengan nama Shilla, Suku dunia Shilla adalah salah satu suku yang merupakan dari Tiga Kerajaan Korea. 

Suku dunia Silla berawal dari kerajaan kecil di dekat Konfederasi Samhan. Kemudian pada tahun 660 Masehi Suku dunia Silla bersekutu dengan Dinasti Tang dan berhasil menghancurkan negeri Baekje serta Goguryeo pada tahun 668. 

10. Suku Nok (Nigeria)
Peradaban suku dunia Nok dan Budaya Nok, juga sebagai salah satu peradaban dunia yang tertinggi dan terlupakan. Peradaban Suku Nok ini muncul dan berkembang di wilayah yang saat ini dikenal dengan Nigeria utara. 

Sisa peradaban suku dunia ini ditemukan tidak sengaja saat penggalian tambang pada tahun 1943. Pada saat itu ditemukan berbagai macam patung-patung yang mirip dengan patung era Mesir Kuno yaitu peradaban suku dunia nok sendiri.

Suku Dunia Nok muncul di Nigeria sekitaran tahun 1000 SM dan suku tersebut menghilang dalam keadaan yang tidak diketahui di tahun 300an di daerah Afrika Barat. Wilayah ini terletak di daerah Utara dan Nigeria. Sistem sosial di suku nok ini diperkirakan telah sangat maju. Budaya Nok dianggap sebagai produsen sub-Sahara awal seukuran Terakota asli.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Suku Dunia Yang Memiliki Peradaban Dunia Tertinggi"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.