Ini Alasan Zhangjiajie, Cina Pantas Disebut Sebagai Surga di Dunia

Pemandangan yang sangat cantik tentunya menjadi daerah tujuan wisata yang bakal diramaikan oleh para wisatawan. Utamanya mereka yang suka dengan pemandangan alam. Di negara Cina, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Termasuk adalah mereka yang berniat untuk mencari pemandangan surga di muka bumi.


Tentunya surga di sini bukanlah surga dalam arti yang sebenarnya ya. Namun pemandangan di tempat tersebut mempunyai daya tarik yang sangat tinggi. Daya tarik tersebut tentunya adalah pemandangan yang sangat indah, sehingga tak heran kalau menyebutnya sebagai surga di muka bumi.

Salah satu tempat wisata yang memberikan pemandangan tak biasa di Cina adalah kota Zhangjiajie. Tempat yang satu ini memang terkenal akan keindahan alamnya. Terlebih pemandangan di sini sangat khas dengan adanya bukit yang berbentuk pilar-pilar batu menjulang dari tanah yang ada di Taman Nasional ZHangjiajie. Bahkan tempat ini pun kabarnya menjadi inspirasi seorang James Cameron dalam membuat background film AVATAR.

Ada berbagai tempat yang membuat wilayah di sekitar Zhangjiajie ini memang layak disebut sebagai surga di muka bumi. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Heaven's Gate Mountain
Tidak lengkap dong kalau daerah yang disebut keindahannya sebagai surga di muka bumi tanpa ada gerbangnya? Nah, di Zhangjiajie, terdapat sebuah gunung yang disebut dengan nama Heaven's Gate Mountain atau Gunung Gerbang Surga. Dalam bahasa Cina, gunung ini mempunyai nama Tianmen Shan. Tempat ini memang sangat spesial dan mempunyai pemandangan cantik, tak heran kalau banyak traveler yang menyebut Tianmen Shan ini sebagai salah satu gunung tercantik dunia.

Gunung ini mempunyai bentuk yang sangat unik. Ciri khas utamanya terdapat sebuah lubang besar setinggi 131,5 meter yang membuatnya nampak seperti sebuah gerbang menuju langit. Tentu saja lubang tersebut terbentuk secara alami, bukan dengan campur tangan manusia. Gunung ini sendiri ketinggiannya sebesar 1.519 meter di atas permukaan laut. Kebanyakan wisatawan yang datang ke sini melakukan aktivitas hiking atau sekedar menikmati pemandangan yang ada.

Tempat ini berada sekitar 8 kilometer dari kota Zhangjiajie. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Tianmen. Tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, di sini juga terdapat transportasi kereta gantung yang diklaim sebagai kereta gantung terpanjang dunia. Tidak berlebihan memang, karena kereta gantung tersebut mempunyai jalur sejauh 7,5 kilometer dan mempunyai sebanyak 98 kereta.

Di sini, terdapat 999 anak tangga yang sebelumnya harus ditempuh hingga akhirnya mencapai Tianmen Cave, lubang yang menjadi ciri khas dari Gunung Gerbang Surga ini. Tentu saja karena berada di ketinggian, elevasi dari anak tangga ini pun cukup curam. Jadi, tubuh juga harus fit kalau ingin berkunjung ke tempat yang satu ini.

Di gunung ini juga terdapat sebuah kuil bernama Tianmen Temple yang dibangun pada masa Dinasti Tang. Selain itu, tempat lain yang juga terkenal di Tianmen Mountain ini adalah Glass Sky Walk, di mana wisatawan akan diajak untuk beruji nyali berjalan di atas jalur yang terbuat dari kaca dan menempel di tebing.

Jalur Glass Sky Walk ini mempunyai panjang 60 meter dengan lebar 1,6 meter. Dan karena jalurnya terbuat dari kaca, tentu saja wisatawan yang lewat bakal bisa secara langsung melihat kondisi di bawahnya. Pantas untuk dijadikan tempat sebagai uji coba.

Taman Nasional Zhangjiajie
Tianmen Mountain bukan satu-satunya tempat dengan pemandangan cantik yang ada di Zhangjiajie. Di sini juga terdapat dengan pemandangannya yang tak kalah menarik. Bahkan di sini, para wisatawan akan bisa merasakan pengalaman seolah berada di negeri kahyangan seperti layaknya pada saat menonton 

Dan bagi yang suka nonton film, tentu ingat dong dengan film James Cameron yang berjudul AVATAR? Yup, film ini memang salah satu box office yang laris di dunia. Terlebih film tersebut menyajikan latar belakang yang fantastis di mana banyak terdapat pulau-pulau melayang yang sangat cantik.

Tentu saja pulau-pulau melayang yang ada di film AVATAR tersebut tak bisa dijumpai di dunia nyata. Namun ternyata, pemandangan di film AVATAR tersebut merupakan hasil dari inspirasi seorang James Cameron dari sebuah tempat di negara Cina, tepatnya di Taman Nasional Zhangjiajie yang ada di Provinsi Hunan ini.

Pihak taman nasional pun mengakui kalau Zhangjiajie memang menjadi inspirasi Cameron dalam membangun dunia di film AVATAR. Bahkan saat ini salah satu area di Zhangjiajie yang dulunya bernama Southern Sky Column kini telah berganti nama menjadi Avatar Hallelujah Mountain. Nama tersebut diambil dari Hallelujah Mountain yang ada di Planet Pandora di film AVATAR.

Saat ini, banyak tersedia layanan tur wisata yang menyediakan sarana bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan alam Zhangjiajie. Terlebih film AVATAR sendiri merupakan sebuah film box office yang laris di dunia. Dan layanan tur tersebut pun mendompleng popularitas film AVATAR dengan mengajak para wisatawan untuk menjelajahi dunia AVATAR di Zhangjiajie.

Memang tidak berlebihan kalau menyebut Avatar Hallelujah Mountain sebagai area yang menjadi inspirasi film AVATAR. Terlebih pada tahun 2008, para fotografer Hollywood mendatangi tempat tersebut untuk pertama kalinya. Dan gambar-gambar yang mereka dapatkan pun akhirnya menjadi prototype dari dunia AVATAR.

Namun tentu saja, wisatawan tidak akan menemukan pulau-pulau melayang di Zhangjiajie. Sebagai gantinya, di sini akan terdapat bukit berbentuk pilar yang tersebar di berbagai tempat di Taman Nasional Zhangjiajie. Salah satu pilar tersebut diberi nama Avatar Hallelujah Mountain mempunyai ketinggian mencapai 1.080 meter di atas permukaan laut.

Dan pemandangan di sini pun bakal semakin menarik pada saat kondisi berkabut. Dengan begitu, suasananya bakal sangat mirip dengan kondisi di film AVATAR, di mana tebing-tebing di tempat ini bakal terlihat seperti beterbangan karena tertutup kabut.

Taman Nasional Zhangjiajie ini sendiri merupakan sebuah area yang masuk dalam wilayah Wulingyuan. Tentu saja Zhangjiajie ini bukanlah satu-satunya area scenic yang ada di Wulingyuan. Di sekitarnya juga terdapat area scenic lainnya yang mempunyai pemandangan tak kalah cantik dibandingkan Zhangjiajie.

Seperti halnya di Tianmen Mountain, di Taman Nasional Zhangjiangjie ini juga terdapat kereta gantung yang dijadikan sebagai sarana transportasi bagi para wisatawan. Jadi, tidak perlu bingung bagaimana caranya untuk bisa menikmati keindahan alam di Zhangjiangjia dari ketinggian.

Zhangjiajie ini dikenal sebagai taman nasional yang pertama kali diresmikan oleh Pemerintah Cina pada tahun 1982. Taman nasional ini mempunyai luas mencapai 420 ribu meter persegi. Selain Zhangjiajie, ti Wulingyuan juga terdapat area scenic lainnya yakni Suoxiyu Natural Resource Reserve serta Tianzi Mountain Natural Resource Reserve.

Taman Nasional ini lokasinya tidak begitu jauh dari kota Zhangjiajie, berjarak sekitar 30 kilometer. Akses menuju ke taman nasional ini pun bisa didapatkan dengan mudah. Terdapat bus yang disediakan untuk turis dan berangkat setiap beberapa menit sekali dari Zhangjiajie Central Bus Station. Ongkos bus tersebut adalah sebesar 11 RMB.

Huanglong Dong
Nah, kalau sudah puas dengan keindahan 'surga' di atas permukaan, maka ada 'surga' lain yang juga tak kalah indahnya di bawah permukaan tanah Zhangjiajie. Keindahan alam bawah tanah tersebut bisa dijumpai di Gua Huanglong atau Huanglong Dong yang dikenal sebagai salah satu gua terbesar yang ada di negara Cina.

Huanglong Dong ini mempunyai panjang sejauh 15 kilometer dengan titik tertingginya mencapai 140 meter. Di dalam gua ini pun terdapat berbagai formasi limestone serta sungai bawah tanah. Keindahan gua ini pun bisa dinikmati dengan mudah karena mempunyai tingkat keamanan yang cukup baik.

Namun pada saat menjelajahi gua ini, tentunya harus kuat berjalan kaki. Untuk melakukan eksplorasi secara penuh, butuh waktu kurang lebih 2 jam. Selain itu, kondisi di dalam gua juga sangat dingin para pengunjung pun disarankan untuk membawa jas hujan karena di dalam gua terdapat tetesan air yang tentunya bakal merepotkan kalau sampai membuat baju basah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Alasan Zhangjiajie, Cina Pantas Disebut Sebagai Surga di Dunia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.