Inilah 5 Mesjid Indah, Unik dan Mengagumkan di Indonesia


Masjid yang merupakan rumah ibadah umat muslim banyak berdiri kokoh di Tanah Air. Gaya dan model bangunannya pun beragam.

Megahnya bangunan atau beberapa hal unik lainnya bahkan sering membuat kagum. Tentu hal itu kadang membuat masjid menjadi tempat wisata sekaligus ibadah.

Keindahan masjid juga tentu mempunyai daya tarik tersendiri untuk di tempat ibadah. Berikut beberapa masjid di Indonesia yang unik dan buat kagum:

1. Masjid di Papua Berada di Dalam Perut Bumi
Masjid yang berada di Papua ini berbeda dengan kebanyakan tempat ibadah umat muslim lainnya. Masjid tersebut dibangun di dalam perut bumi dengan kedalaman 1.760 meter.

Masjid itu bernama Baabul Munawwar. Masjid tersebut berada di area pertambangan PT Freeport Indonesia Papua di daerah Tembagapura, Timika, Papua.

Masjid tersebut baru diresmikan awal Juni lalu dan dapat menampung hingga 250 jamaah. Masjid tersebut sengaja dibangun agar karyawan yang bekerja di areal tambang bawah tanah, bisa tetap menjalankan ibadah dengan mudah.

Karena letak masjid yang berada di perut bumi, dipasang exhaust untuk menyedot udara kotor keluar. Sehingga udara dalam masjid itu pun tetap terasa nyaman. Di dekat masjid itu, berdiri Gereja Oikumene Soteria.

Masjid dan gereja ini berada di salah satu sudut terowongan, yang digali oleh ribuan pekerja tambang. Dinding dan atap masjid dari batu disemprot oleh semacam semen dan diratakan.

Di tiap meter, ada batuan penahan di dinding. Untuk lantainya, masjid itu ditutup karpet kehijauan.

Masjid tersebut dirancang oleh Alexander Mone, lulusan Universitas Bina Nusantara. Sedangkan konstruksi oleh Andrew Parhusip, insinyur sipil jebolan Institut Teknologi Bandung.

2. Masjid Kubah Emas di Depok
Masjid Dian Al Mahri dikenal juga dengan nama Masjid Kubah Emas adalah sebuah masjid yang dibangun di tepi jalan Raya Meruyung, Limo, Depok di Kecamatan Limo, Depok. Selain sebagai menjadi tempat ibadah salat bagi umat muslim sehari-hari, kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga dan menarik perhatian banyak orang karena kubah-kubahnya yang dibuat dari emas.

Selain itu karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekedar dijadikan tempat beristirahat.

Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah. Satu kubah utama dan 4 kubah kecil. Uniknya, seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter.

Selain itu di dalam masjid ini terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton. Relief di atas tempat imam juga terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas.

3. Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho di Surabaya ini merupakan perpaduan antara budaya muslim dan budaya Tionghoa yang sangat unik. Mungkin jika hanya melihat dari luar masjid sekilas tampak bangunan ini lebih mirip sebuah Klenteng.

Bentuk bangunan ini mirip Masjid Niu Jie di Beijing yang berusia lebih dari 100 tahun. Selain di Surabaya, warga dapat menemui Masjid Cheng Ho yang lain di Pasuruan dan Palembang.

4. Masjid Agung Semarang
Perpaduan budaya jawa yang dianut masjid-masjid tempo dulu terlihat menyatu dengan arsitektur modern pada bangunan masjid ini. Masjid itu berada di kota Semarang.

Yang membuat menarik, masjid ini memiliki halaman luas di mana terdapat tiang-tiang payung yang dapat membuka menjadi langit-langit atap masjid layaknya Masjid Nabawi di Madinah.

5. Masjid Tiban di Malang


Bangunan masjid berornamen Timur Tengah dengan warna dominan biru dan putih itu memang berada di tengah-tengah pemukiman yang padat. Jarak dari jalan raya menuju lokasi, sekitar satu kilometer. Namun karena bentuk bangunannya menjulang tinggi, orang bisa langsung melihatnya dari jalan raya.

Masjid itu disebut-sebut sebagai Masjid Tiban yang konon pembangunannya dibantu dengan pengerahan jin. Lokasi masjid ini di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur Nomor 10, RT 07/RW 06, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 5 Mesjid Indah, Unik dan Mengagumkan di Indonesia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.