Inilah Pohon-Pohon Tertinggi dan Tertua di Dunia

Pohon adalah suatu aspek terpenting dalam kehidupan umat manusia karena pohon merupakan penghasil udara bersih bagi umat manusia maupun hewan.Pohon mempunyai banyak manfaat dalam hidup seperti menyimpan cadangan air bersih, menyimpan udara bersih, mencegah tanah longsor dan sebagainya.


Pohon ialah tumbuhan dengan batang dan cabang yang berkayu. Kayu dari pohon terdiri dari jaringan pembuluh kayu (xylem) dan jaringan pembuluh tapis (floem). Di antara kedua jaringan ini terdapat lapisan kambium yang membuat pohon bertambah besar diameternya.

Di dunia ini ada banyak sekali pohon yang berukuran raksasa dengan usia ribuan tahun, berikut adalah daftar selengkapnya:

Hyperion Coast Redwood

Ketinggiannya mencapai 115.56 m (379.1 ft) dengan diameter 4.84 m. Nama lain dari pohon ini adalah Redwood Sequoia California (Sequoia sempervirens). Ditemukan pada tanggal 25 Agustus 2006 oleh naturalis Chris Atkins dan Michael Taylor berlokasi di Taman Nasional Redwood. Pada tanggal 8 September 2006 ditetapkan sebagai pohon tertinggi di dunia. 

Helios Redwood
Pohon ini memiliki ketinggian 114.77 m (376.54 ft.) dengan diameter 4.96 m. Di temukan pada tanggal 1 Juli 2006 oleh Chris Atkins dan Michael Taylor di Taman Nasional Redwood sebelum menemukan pohon Hyperion. 

Icarus Redwood
Dengan tinggi 113,14 m (372,04 ft.) dan diameter 3.78 m, pohon Icarus yang masih sekelompok dengan Redwoods ini menduduki urutan ketiga. Pohon ini ditemukan pada tanggal 1 Juli 2006, oleh orang yang juga menemukan dua pohon tertinggi lainnya (Hyperion dan Helios) yaitu Atkins dan Taylor.

Spruce Ione Norwegia berusia 9550 tahun
Diperkirakan berusia 9550 tahun di ukur bukan dari garis pohon tapi dari jejak radiokarbon di akarnya. Walaupun hanya mempunyai tinggi 4 meter tapi dari umurnya di perkirakan pohon ini sudah ada sejak akhir zaman es. Spesies pohon spruce Ione Norwegia ini ditemukan tahun 2004 di Provinsi Dalarna, Swedia. Menurut Leif Kullman, profesor ekologi dan lingkungan hidup di Universitas Umea Swedia, usianya yang sangat panjang kemungkinan besar dipicu kemampuannya mengkloning diri sendiri. Kullman menjelaskan, saat batangnya mati, batang baru akan dibentuk dari akarnya sehingga umurnya menjadi sangat panjang.

Jomon Sugi berusia 2000-5000 tahun
Jomon sugi terletak di Pulau Yakushima bagian paling utara Jepang. Di temukan pada tahun 1968, dengan tinggi 25,3 meter diperkirakan usianya antara paling tidak 2000 tahun. Dan sebagian peneliti yang lain memperkirakan lebih dari 5000 tahun

Bristlecone Pine berusia 4843 tahun
Terletak di taman Nasional Inyo, White Mountains, California, Pohon cemara dari spesies Bristlecone Pine (Pinus longaeva) ini di perkirakan berusia 4843 tahun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Pohon-Pohon Tertinggi dan Tertua di Dunia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.