10 Pertambangan Terdalam di Dunia

Pertambangan adalah salah satu jenis kegiatan yang melakukan ekstraksi mineral dan bahan tambang lainnya dari dalam bumi. Sedangkan penambangan adalah proses pengambilan material yang dapat diekstraksi dari dalam bumi, dan tambang sendiri merupakan tempat terjadinya kegiatan penambangan.


Beberapa perusahaan telah berkomitmen untuk mengejar hasil tambang seberapapun dalamnya. Tentunya kerugian dan risiko yang akan terjadi akibat pencarian itu akan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan apa yang akan mereka dapatkan. Dari artikel ini dapat dijelaskan bahwa ternyata tambang terdalam di dunia yang berada di darat adalah tambang emas.

Berikut ini adalah 10 pertambangan terdalam di dunia yang pernah digali untuk mencari hasil tambang yang utamanya adalah emas. Dilansir oleh Mining Examiner, berikut ini adalah top sepuluh tambang terdalam di dunia.

1. Pertambangan Mponeng
Pertambangan ini beroperasi antara kedalaman 2,4 hingga lebih dari 3,9 kilometer ke dalam tanah. Tambang ini dioperasikan oleh perusahaan Ashanti AngloGold di wilayah barat laut Johannesburg Afrika Selatan. Ini adalah tambang terdalam yang ada di dunia hingga saat ini.

2. Tambang TauTona 
Tambang ini juga dioperasikan oleh perusahaan yang sama dengan Mponeng, dan digunakan untuk menambang emas dengan kedalaman lebih dari 3 kilometer yang mungkin saat ini sudah lebih dari situ. Pertambangan ini juga berada di wilayah Afrika Selatan.

3. Tambang Savuka
Pertambangan ini juga dikuasai oleh perusahaan internasional AngloGold Ashanti, yang beroperasi di Afrika Selatan dengan kedalaman sekitar 3,7 kilometer saat ini, dan lagi-lagi pertambangan ini juga adalah tambang emas.

4. Tambang Driefontein
Pertambangan ini juga berada di wilayah Afrika Selatan, terletak di provinsi Gauteng dan dioperasikan oleh perusahaan Gold Field, merupakan tambang terdalam keempat di dunia. Pertambangan Driefontein juga mencari emas.

5. Kusasalethu
Pertambangan Kusasalethu adalah pertambangan yang dijalankan oleh Harmony Inc. Sebagai perusahaan tambang terdalam kelima di dunia, berlokasi cukup jauh dari kota Johannesburg, dan menjadi perusahaan penambang emas. Kedalaman tambang ini sekitar 3,2 kilometer dibawah permukaan tanah.

6. Pertambangan Khotsong
Pertambangan ini dimiliki oleh AngloGold Ashanti Afrika Selatan, bertempat di wilayah barat laut Johannesburg. Beberapa pertambangan milik AngloGold berada di wilayah yang berdekatan dan semuanya bekerja untuk tambang emas. Tambang ini berada pada kedalaman sektitar 2,6 hingga hampir 3 kilometer dibawah permukaan tanah.

7. Tambang South Deep
Salah satu tambang emas terdalam di dunia ini juga dimiliki oleh perusahaan Gold Fields, lokasi di Afrika Selatan, dan merupakan tambang yang juga memiliki luas cukup besar, berdiri di lahan seluas lebih dari empat ribu hektar. Sepertinya kota Johannesburg memang menjadi ladang emas yang terus digerogoti oleh para penambang internasional.

8. Tambang Kidd Creek
Akhirnya kita keluar dari wilayah Afrika. Kali ini sebuah tambang besi, tembaga dan seng di wilayah daratan Ontario Kanada, adalah salah satu tambang terdalam di dunia dan menjadi tambang terdalam di Amerika dengan kedalaman galian tambang hampir 3 kilometer di bawah tanah. 

9. Tambang Noligwa
Akhirnya untuk urutan kesembilan dunia, kita harus kembali lagi ke Afrika. Tambang ini dikuasai oleh AngloGold Ashanti dengan kedalaman galian tambang hampir 2.600 meter di bawah permukaan tanah, berada di Afrika Selatan.

10. Tambang Creighton
Tambang ini sedalam 2,5 kilometer beroperasi di Kanada, dan menjadi tambang terdalam nomor 10 dunia. Pertambangan ini mengeruk nikel, dan dioperasikan oleh perusahaan Vale Inc. 

Demikian artikel terkait pertambangan yang ada di dunia untuk kategori tambang terdalam untuk galian yang berhasil dibuat, dan ternyata kebanyakan adalah tambang emas. Bagaimana rasanya berada di kedalaman bawah tanah hingga 3 kilometer ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Pertambangan Terdalam di Dunia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.