5 Boneka Termahal di Dunia


Boneka adalah mainan favorit para gadis kecil di seluruh dunia. Orang dewasa pun banyak yang menggilainya. Harganya yang cukup terjangkau membuat semua orang bisa memilikinya. Tetapi ada juga boneka-boneka yang dijual dengan harga selangit.


Boneka-boneka antik yang diproduksi hand made puluhan tahun lalu atau boneka dari karakter terkenal yang diproduksi dalam jumlah terbatas biasanya menjadi incaran para kolektor. Karena itu harganya bisa naik sampai berkali-kali lipat dari biaya produksinya. Berikut ini lima di antara boneka-boneka dengan fantastis tersebut, seperti dikutip dari 10awesome.com.

1. Boneka Hilda Kestner
Boneka bayi yang lucu ini dipatok dengan harga 8.000 dolar. Apa kelebihannya hingga dihargai semahal itu? Boneka ini adalah hasil karya Johann Daniel Kestner, Jr. Dia adalah pembuat boneka legendaris asal Waltershausen, Thuringia, Jerman. Boneka-boneka ciptaan Kestner kebanyakan adalah bisque, terbuat dari porselen yang dibakar. Boneka bisque merupakan boneka antik yang banyak dicari kolektor karena kontur kulitnya sangat bagus, menyerupai kulit manusia.

Boneka Hilda sendiri dibuat oleh Kestner pada tahun 1914. Rambut dan giginya terbuat dari gigi dan rambut milik manusia. Walaupun sudah melewati satu abad, kondisinya masih sangat bagus.

2. G.I. Joe
Boneka G.I. Joe dibuat pada tahun 70an oleh perusahaan mainan Hasbro. Boneka ini merupakan salah satu mainan paling digemari anak-anak Amerika pada masanya. Bahkan saat ini pun penggemar fanatiknya masih banyak. Saat produksinya dimulai tak ada yang menyangka kalau mainan ini akan memperoleh kepopuleran sebesar itu.

Saat diluncurkan pertama kali, Hasbro hanya mengeluarkan empat jenis boneka yang harganya tak lebih dari 4 dolar. Karena banyak diburu oleh pecinta G.I Joe, sekarang mainan ini menjadi benda koleksi. Nilainya pun meningkat sampai 50 kali lipat. Benar, mainan ini sekarang berharga 200.000 dolar.

3. Barbie bertahtakan berlian
Boneka Barbie yang satu ini tampak eksklusif jika dibandingkan Barbie biasa, karena lehernya terlilit kalung mewah dengan 1 karat berlian warna merah muda. Nilainya diperkirakan antara 300.000 sampai 500.000 dolar. Boneka cantik bergaun hitam ini didesain oleh Stefano Canturi dan dijual pada sebuah pelelangan. Uang hasil penjualannya didonasikan kepada sebuah yayasan yang berkonsentrasi pada penelitian tentang kanker payudara.

4. Madame Alexander's Eloise
Boneka yang satu ini harganya lebih fantastis lagi, 5.000.000 dolar. Hilda merupakan salah satu boneka keluaran Alexander Doll Company, sebuah perusahaan boneka yang didirikan oleh Madame Beatrice Alexander Behrman pada tahun 1923. Boneka ini tidak diproduksi secara massal. Hanya terdapat lima buah di seluruh dunia.

Yang menjadikan nilainya sangat tinggi adalah pakaian dan aksesoris yang dikenakannya. Di tubuh Hilda terdapat perhiasan berlian 9 karat yang dirancang oleh Harry Windson, dan kristal Swarovski. Bukan itu saja, dia juga mengenakan gaun buatan Christian Dior dan aksesoris bulu rancangan Oscar de la Renta.

5. L'oiseleur
Terakhir, gelar boneka termahal di dunia jatuh pada Loiseleur atau the bird trainer. Harga yang ditawarkan untuk boneka ini adalah 6.250.000 dolar. Boneka setinggi 4 kaki ini merupakan boneka automaton buatan Christian Bailly, seorang ahli dalam bidang automata. Hasil karyanya dibuat dalam jumlah terbatas. Penyuka boneka-boneka automatonnya meliputi aktor-aktor terkenal Hollywood seperti Dustin Hoffman, Steven Spielberg, dan pesulap David Copperfield.

Awalnya perkiraaan dana yang dibutuhkan untuk membuat The Bird Trainer hanya 400.000 dolar. Tetapi penambahan bahan yang sulit dicari, busana khusus, dan aksesoris yang terbuat dari permata membuat ongkos produksi membengkak sampai belasan kali lipat.

Itulah lima boneka dengan harga paling tinggi di dunia. Jika memiliki boneka semahal itu, tidakkah Anda merasa sayang untuk memainkannya?

Sumber: http://blog-ansyari.blogspot.co.id/2014/03/03eb13-5-boneka-termahal-di-dunia.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Boneka Termahal di Dunia"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.