11 Manfaat Luar Biasa dari Bawang Merah

Bawang merah sudah bukan tanaman yang asing bagi masyarakat Indonesia. Bawang merah seringkali menjadi salah satu bumbu utama yang digunakan dalam masakan. Masyarakat Indonesia cukup beruntung karena sering menggunakan bawang merah dalam makanannya. Ini karena bawang merah mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.


Bawang merah mengandung allicin, sebuah zat antibakteri dan antivirus. Zat inilah yang memberikan bau menyengat pada bawang merah dan membuat orang menangis ketika memotongnya. Meski begitu, allicin dan bawang merah memberikan banyak manfaat hebat untuk tubuh. Berikut daftar selengkapnya:

1. Mengontrol gula darah
Zat sulfur dalam bawang merah diketahui bisa menurunkan tingkat gula dan kolesterol dalam darah. Bawang merah adalah sumber makanan utama yang mengandung mineral kromium dan baik untuk menjaga gula darah. serat, potasium, dan nutrisi lain dalam bawang merah juga membantu produksi insulin.

2. Mencegah kanker
Selain mengontrol gula darah, zat sulfur tersebut juga mencegah pertumbuhan sel kanker. Hasil penelitian yang dilakukan selama 13 tahun di Italia dan Swiss menunjukkan bahwa ratusan orang yang sudah mencoba bawang merah dan bawang putih terhindar dari kanker mulut, kerongkongan, usus besar, anus, payudara, ovarium, dan kanker prostat.

3. Mencegah bintik hitam pada kulit
Bawang merah juga bisa membantu mencegah bintik hitam pada kulit. Caranya, setelah membersihkan kulit, gosokkan bawang merah langsung pada bagian kulit yang gelap. Flavone quercetin dalam bawang merah akan meningkatkan produksi melatonin dan membuat warna kulit kembali seperti sedia kala.

4. Mengeluarkan racun
Sulfur dalam bawang merah memicu produksi glitathione, yaitu antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan tersebut akan mengaktifkan enzim dalam lever untuk mengeluarkan semua jenis racun dalam tubuh. Dikombinasikan dengan quercetin, antioksidan ini akan mencegah racun menumpuk dalam tubuh.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
selain antioksidan dan nutrisi, bawang merah juga mengandung banyak vitamin C. VItamin ini sangat ampuh untuk membunuh virus. Bawang merah yang antibakteri juga akan mencegah sariawan lambung dan bakteri yang menyebabkannya.

6. Insomnia
Ya, Anda mungkin tak pernah membayangkan bahwa bawang merah berkaitan dengan insomnia. Namun faktanya, bawang merah bisa membantu mencegah insomnia. Caranya adalah dengan potong bawang merah mentah, kemudian hirup baunya selama lima sampai 10 kali sebelum tidur. Cara ini akan membantu Anda untuk cepat tertidur.

7. Kram menstruasi
Bawang merah mengandung asam amino cysteine yang meredakan sakit otot, stres, mencegah kerusakan sel, dan mendukung fungsi lever. Makan bawang merah mentah setiap hari selama empat atau lima hari sebelum menstruasi untuk mencegah kram akibat menstruasi.

8. Mimisan
Ketika hidung mulai mimisan, gunakan bawang merah untuk segera menghentikannya. Caranya adalah dengan memotong bawang merah, kemudian meletakkannya di bawang hidung. Bau bawang merah akan koagulan alami yang akan membantu menghentikan pendarahan.

9. Kesehatan mulut
Mengunyah bawang merah mentah akan membunuh bakteri jahat dalam mulut yang bisa menyebabkan gigi keropos dan infeksi. Aroma dan rasa bawang merah memang akan membuat mulut berbau, namun bisa Anda bersihkan dengan mouthwash atau pasta gigi.

10. Jerawat
Jerawat atau bisul juga bisa dicegah dan diobati dengan bawang merah. Caranya dengan menggosokkan bawang merah pada wajah setiap hari. Ini akan membuat jerawat cepat hilang tanpa meninggalkan bekas. Anda tak perlu menggunakan zat kimia berbahaya.

11. Gairah s**s
Bagi Anda yang memiliki pasangan, bawang merah juga bisa membantu meningkatkan gairah s**sual. Allicin dalam bawang merah meningkatkan aliran darah dan meningkatkan libido. Namun hati-hati dengan baunya sebelum bercinta, karena ini bisa membuat pasangan tak nyaman.

Itulah beberapa manfaat hebat yang tersembunyi dari bawang merah. Jangan hanya melihat tanaman ini sebagai bumbu dapur, karena lebih dari ibu, bawang merah ternyata juga tanaman obat yang bisa digunakan untuk banyak hal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Manfaat Luar Biasa dari Bawang Merah"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.