4 Suku Pedalaman yang Menolak Dunia Luar

Keanekaragaman budaya dan suku bangsa yang tersebar hingga ke seluruh pelosok dunia menjadi sebuah warisan nenek moyang yang harus di jaga. Hidup kesukuan sudah menjadi sejarah peradaban hidup manusia, tak hanya di tanah air beberapa Negara pun memiliki suku dan ras yang sangat beragam. Beberapa diantaranya mungkin sudah banyak dikenal oleh kalangan masyarakat dunia, Seperti suku Maya hingga suku Indian yang sangat terkenal dengan kisah-kisah legendanya. Namun, tidak semua suku bisa terungkap, pasalnya kehidupan yang cukup terisolasi hingga penolakan mereka terhadap suku asing pun menjadikan mereka tidak banyak terekspose dunia internasional. Nah, apa saja suku paling terisolasi di dunia? Berikut ulasannya.

1. Suku Nanti
Beberapa suku di tanah air mungkin bisa menyambut kalangan luar dengan keramahannya. Namun hal tersebut tidak terjadi pada suku Nanti. Suku yang hidup terisolasi pada hutan Amazon ini dikenal sangat menutup diri dari kehidupan luar. Bahkan menurut beberapa sumber meski mereka mulai terancam puna karena berbagai masalah penyakit, suku nanti disebut paling anti dengan kehadiran warga asing.

2. Suku Ayoreo
Hutan Amazon dikenal tak hanya hutan hijau yang jarang disentuh tangan manusia, hal tersebut mungkin sedikit berhubungan dengan beragamnya suku dan ras yang mendiami hutan amazon, salah satunya adalah suku Ayoreo. Suku yang yang mendiami sebagian besar hutan amazon bagian selatan ini memiliki catatan paling minim. Kehidupan mereka yang sangat terisolasi hingga rekam jejak yang sangat misterius menjadikan suku Ayoreo pun tidak banyak dikenal. Rekam jejak suku ini terakhir kali terungkap sekitar tahun 1960-an yang lalu, saat pihak pemerintah setempat berusaha untuk membawa mereka ke dunia luar. Namun kala itu suku ini menolak permintaan pemerintah, berbagai upaya untuk membawa mereka berakhir dengan tragis. Suku ini konon akan membunuh siapa saja yang berani memasuki kawasan hutan mereka.

3. Suku Awa
Seperti suku Ayoreo, suku Awa juga menjadi suku yang paling menolak kehadiran orang asing di wilayah mereka. Suku ini juga akan membantai siapa saja yang memasuki kawasan hutan amazonnya. Hal tersebut terjadi setelah beberapa abad yang lalu kawasan mereka ditebang habis oleh pihak asing. Konon hingga kini suku Awa terus mempertahankan kawasan mereka dari orang asing. Mereka lebih memilih hidup terisolasi daripada harus bersinggungan dengan dunia luar.

4. Suku Sentinelese
Suku ini boleh disebut sebagai suku yang paling terisolasi dari kehidupan manusia modern. Suku yang mendiami pulau Sentinel yang terletak di teluk Benggala lautan India ini sangat menolak kehadiran orang asing di wilayah mereka. Menurut beberapa sumber suku ini telah menguni pulau sentinel sejak puluhan ribu tahun yang lalu, hingga kini mereka pun masih terus menutup diri dari dunia luar. Bahkan saat bencana tsunami mengancam nyawa mereka.

SUMBER: http://segiempat.com/aneh-unik/unik/suku-paling-terisolasi/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Suku Pedalaman yang Menolak Dunia Luar"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.