Wajib Baca, Inilah Perbandingan Bumi dengan Benda Luar Angkasa Lainnya

Seperti yang Kita tahu, bahwa di alam semesta ini terdapat miliaran bintang dan planet yang ikut menghiasi didalamnya. Dan tahukah Kalian? Bahwa bumi tempat Kita tinggal ini adalah selayaknya butiran debu di alam semesta. Terdapat benda-benda langit yang super duper besar di luar angkasa sana. Mau tahu perbandingan bumi dengan benda langit lainnya? Langsung saja:
Gunung di Mars
Gunung yang terdapat di Mars tersebut adalah gunung berapi yang bernama Olympus Mons. Gunung tersebut memiliki diameter 624 km dengan ketinggian 25,7 km atau tiga kali lebih besar dari gunung terbesar didunia yaitu Gunung Everst. Subhanalloh.



Bulan di Jupiter
Bulan pada dasarnya adalah satelit alami milik Bumi Kita ini. Karena itulah Bulan akan selalu ada dan mengitari Bumi pada porosnya. Kalau Bumi punya Bulan, maka sang planet raksasa Jupiter punya Io. Lo memiliki ukuran yang luasnya hampir sama dengan Bulan yakni sekitar 3.476 km. Namun jika dibandingkan dengan ukuran Jupiter, maka Io akan terlihat begitu mungil sekali. Subhanalloh.


Cincin Saturnus
Banyak dari Kita pasti mengetahui atau minimal pernah melihat gambar planet yang mempunyai cincin mengitarinya. Yap, planet tersebut adalah Planet Saturnus. Saturnus memiliki ukuran 23.358 km atau jika dibandingkan, maka membutuhkan 764 Planet Bumi untuk mengisi perut Saturnus. Terus Kita bertanya-tanya, seberapa besar ukuran cincin Saturnus? Jawabannya adalah sebesar enam Planet Bumi yang dijejerkan rapi.


Jupiter
Setelah sebelumnya Kita berbicara tentang seberapa besarnya Planet Saturnus, ternyata ada lagi planet yang lebih besar dari Saturnus, yaitu Planet Jupiter. Jupiter memiliki diameter 142.984 km atau setara dengan 11 kali diameter bumi. Asal Kalian tahu, Jupiter memiliki sambaran kilat 1000 kali lebih kuat dari sambaran kilat di Bumi. Selain itu, kalau Bumi membutuhkan 24 jam untuk berotasi, maka Jupiter hanya memerlukan waktu 10 jam. Bayangkan, planet yang sebesar itu, dapat berputar jauh lebih cepat dari Planet Bumi. Allohu Akbar.


Matahari
Sebagai planet yang berada dalam sistem tata surya, Planet yang Kita tempati ini memang berevolusi dan berotasi mengikuti Matahari. Matahari memang luar biasa, Matahari mempunyai massa mencapai 99,86% dari massa tata surya atau bisa dibilang kalau planet-planet lainnya termasuk Bumi hanyalah puing dibandingkan dengan Matahari. 1 detik energi yang dikeluarkan oleh Matahari, jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan energi yang dikeluarkan oleh seluruh umat manusia di sepanjang masa. Allohu Akbar.

Benda Langit Lainnya
Jika selama ini Kita hanya mengetahui bahwa Matahari adalah benda langit yang paling besar, ternyata itu salah, diluar sana masih terdapat jutaan bahkan miliaran benda langit yang jauh lebih besar dari Matahari. Untuk yang baru ditemukan oleh manusia sekarang, VY Canis Majoris lah benda langit yang paling besar. Benda ini berjarak 4700 tahun cahaya dari Planet Bumi. Untuk perbandingan diantara kesemuanya, Kalian dapat melihatnya digambar.

Kalau Kalian sudah tahu bagaimana besarnya VY Canis Majoris, lalu apa Kalian bisa membayangkan bagaimana besarnya Sang Pencipta Alam Semesta? ALLOHU AKBAR!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wajib Baca, Inilah Perbandingan Bumi dengan Benda Luar Angkasa Lainnya"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.