Ngeri Gan, Di India Ada Ritual Membunuh Orang Tua!

Secara harfiah, yang dimaksud dengan ritual adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan terutama untuk tujuan simbolis. Ritual dilaksanakan berdasarkan kepercayaan suatu agama atau bisa juga berdasarkan tradisi dari suatu komunitas tertentu (biasanya turun temurun). Di dunia ini, terdapat berbagai macam ritual yang dapat Kita temui, dari mulai yang aneh hingga ritual paling mengerikan seperti apa yang akan Kita bahas kali ini.

Di India, tepatnya di wilayah selatan Tamil Nadu, terdapat sebuah ritual yang bernama Thalaikoothal. Ritual Thalaikoothal sendiri merupakan ritual dimana seseorang yang sudah lanjut usia, dibunuh dengan cara tertentu dan kesemuanya itu, dilakukan oleh kerabat bahkan oleh anaknya sendiri. Hal itu dilakukan karena para orang tua yang sudah lanjut usia, umumnya dianggap sebagai beban bagi anak-anak dan kerabatnya. Meskipun terjadi proses “pembunuhan”, namun hal tersebut tidak dianggap sebagai sebuah kejahatan.

Secara linguistik, Thalaikootal berarti siraman atau mandi. Disebut demikian, sebab pembunuhan yang terjadi dalam ritual ini biasanya dilakukan dengan proses pemandian.


Terdapat beberapa cara yang dilakukan oleh masyarakat setempat dalam melakukan ritual mengerikan ini, namun seperti yang sebelumnya Saya bilang, proses yang paling umum atau sering dilakukan adalah dengan cara pemandian. Dalam proses “pembunuhan pemandian“ ini, biasanya orang tua akan diberi sejenis minyak mandi yang banyak di pagi hari dan kemudian diberi minum air tertentu (dari air kelapa). Setelah hal tersebut dilakukan, biasanya si orang tua akan mengalami gagal ginjal, demam tinggi, dan akhirnya akan meninggal dunia dalam satu atau dua hari kemudian.


Adapun teknik lain adalah dengan melakukan pijat khusus pada bagian kepala menggunakan air dingin. Hal tersebut dapat menyebabkan turunnya suhu tubuh, lalu kemudian terjadi gagal jantung. Metode alternatif lainnya adalah dengan cara memasukkan susu sapi yang banyak ke dalam lubang hidung sehingga menyebabkan kesulitan bernapas (biasa juga disebut “milk therapy” atau terapi susu). Dan cara yang paling ekstrim tentu adalah dengan cara pemberian racun!


Saat ini, Ritual Thalaikoothal sendiri sudah dinyatakan sebagai praktek yang ilegal di India. Kendati demikian, sebagian masyarakat disana tetap saja melakukan ritual tersebut, sebab, Ritual Thalaikoothal ini sudah menjadi budaya turun temurun dan diterima secara sosial oleh masyarakat setempat. Yang paling menyedihkan, ternyata sangat jarang ada orang yang mengadukan ritual ini ke polisi.

Ada yang mengklaim bahwa pembunuhan dalam ritual ini termasuk kedalam golongan Euthanasia Sukarela (Involuntary Euthanasia). Artinya, dalam beberapa kasus, keluarga akan memberitahu terlebih dahulu kepada sang korban (orang tua mereka yang akan dieksekusi) sebelum melakukan ritual mengerikan ini. Bahkan tak jarang, malah si korban sendiri yang memintanya.

Namun menurut penelitian, ritual pembunuhan atas nama “kasih sayang” ini sebenarnya hanyalah dalih untuk melegalkan praktik yang mengerikan ini. Banyak keluarga yang melakukan ritual ini karena menganggap orang tua yang sudah lanjut usia adalah beban yang harus di tanggung olehnya. Apalagi ditambah dengan himpitan ekonomi yang sulit. Maka dari itu, dilakukanlah ritual yang aneh bin mengerikan ini.


Di India sendiri, pada tahun 2010 pernah terjadi sebuah kasus dimana seorang kakek berusia 80 tahun melarikan diri dari rumahnya ketika mengetahui bahwa dirinya akan dieksekusi oleh keluarganya. Dia akhirnya lari dan berlindung di rumah seorang kerabatnya. Beberapa waktu kemudian, peristiwa ini pun diekspos oleh media setempat sehingga menjadi berita besar di Virudhunagar, India. Bahkan, petugas kepolisian disana membentuk tim khusus untuk mengawasi dan mengamankan para orang tua lanjut usia yang ada di sana.


Menurut Chandra Devi, Petugas Dinas Kesejahteraan setempat, praktek ini tidak hanya terbatas pada kasta atau komunitas tertentu. Dia menuturkan bahwa sebagian besar penduduk di sana adalah buruh tani musiman, gembala ternak atau pekerja migran di pabrik-pabrik kecil di pusat industri di dekat Sivakasi. Kehidupan mereka yang tidak menetap membuat mereka hampir tidak mungkin untuk tinggal di rumah untuk merawat orang tua mereka.

Nah, bagaimana? Semoga informasi yang Saya ini dapat menambah wawasan Kalian. Kita semua harus bersyukur karena ritual yang mengerikan ini tidak terdapat di negeri yang Kita cintai ini. Sekian dan terima kasih.

Sumber: http://www.anehdidunia.com/2014/11/thalaikoothal-ritual-membunuh-orang-tua.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ngeri Gan, Di India Ada Ritual Membunuh Orang Tua!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.